ANALISIS PERILAKU PERIKSA PAYUDARA SENDIRI PADA PEREMPUAN USIA 35-44 TAHUN BERDASARKAN TEORI KOGNITIF SOSIAL (Studi pada Puskesmas Tembok Dukuh Kota Surabaya)

WINDI SUSILOWATI, 101411123013 (2017) ANALISIS PERILAKU PERIKSA PAYUDARA SENDIRI PADA PEREMPUAN USIA 35-44 TAHUN BERDASARKAN TEORI KOGNITIF SOSIAL (Studi pada Puskesmas Tembok Dukuh Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 96-17 Sus a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya tentang laporan Puskesmas di Kota Surabaya tahun 2015 diketahui bahwa jumlah penderita kanker payudara dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan. Lebih dari 30% penyakit kanker dapat dicegah periksa payudara sendiri. Puskesmas dengan cakupan SADARI yang mengalami penurunan berturut-turut adalah Puskesmas Tembok Dukuh dengan besar cakupan 1,89% pada tahun 2014 kemudian menurun pada tahun 2015 menjadi 1,22%. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Peneliti mengambil sampel dengan Simple Random Sampling sebanyak 33 responden. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah performance accomplishment, vicarious experience, social persuasion dan physiological and emotional states. Dan Variabel dependen dalam penelitian ini adalah self efficacy dan perilaku periksa payudara sendiri. Analisis data menggunakan tabulasi silang. Dan diperoleh hasil bahwa performance accomplishment, vicarious experience, social persuasion dan physiological and emotional states yang baik maka akan memberikan dampak bagi self efficacy seseorang. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mayoritas responden dengan self efficacy baik memiliki perilaku SADARI yang baik pula. Oleh sebab itu perlu dilakukan peningkatan angka cakupan SADARI dengan meningkatkan self efficacy dengan memberikan nilai-nilai motivasi agar lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 96-17 Sus a
Uncontrolled Keywords: Perilaku, SADARI, Teori Kognitif Sosial
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
WINDI SUSILOWATI, 101411123013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr. , Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Jul 2017 18:47
Last Modified: 20 Jul 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59285
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item