PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (BIG FIVE PERSONALITY) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (IMPULSIVE BUYING) PADA KONSUMEN ONLINE SHOP

Raisa Karina Putri, 111211133014 (2017) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (BIG FIVE PERSONALITY) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (IMPULSIVE BUYING) PADA KONSUMEN ONLINE SHOP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
RAISA KARINA PUTRI_111211133014.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tipe kepribadian (Big Five Personality) terhadap pembelian impulsif (Impulsive Buying) pada konsumen Online Shop. Tipe kepribadian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Big Five Personality berdasarkan pada penjelasan McCrae & Costa (2003). Sedangkan, pembelian impulsif (Impulsive Buying) berdasarkan pada Verplanken & Herabadi (2001). Penelitian ini dilakukan pada konsumen online shop dengan jumlah subjek penelitian 432 responden, yang terdiri dari 322 perempuan dan 110 laki-laki yang memiliki rentang usia 18-40 tahun. Alat pengumpulan data berupa kuesioner tipe kepribadian (Big Five Personality) sebanyak 44 aitem dan alat ukur pembelian impulsif (Impulsive Buying) sebanyak 20 aitem. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistik multiple regression dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tipe pengaruh antara tipe kepribadian Big Five Personality terhadap Impulsive Buying pada konsumen Online Shop. Terdapat tiga kepribadian yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying, antara lain Extraversion, Conscientiousness, dan Neuroticism. Sedangkan, untuk kepribadian Agreeableness dan Openness to experience tidak dapat digunakan sebagai prediktor Impulsive Buying karena tidak memiliki pengaruh yang signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.12/17 Put p
Uncontrolled Keywords: tipe kepribadian,big five personality, pembelian impulsif, Konsumen online shop
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Raisa Karina Putri, 111211133014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCHOLICHUL HADI, PROF.DR.,M.SI.PSIKOLOGIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2017 22:31
Last Modified: 20 Jul 2017 23:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item