DETERMINAN BERHENTI MEROKOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

TRIYANI SETIYOWATI, 101411123003 (2017) DETERMINAN BERHENTI MEROKOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 103-17 Set d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rokok secara luas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar penduduk dunia. Dari jumlah perokok, sebagian besar adalah perokok pada usia remaja, termasuk di dalamnya adalah mahasiswa. Merokok merupakan perilaku yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Memperhatikan dampak negatif rokok, cepat atau lambat perilaku merokok harus dapat dihentikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui determinan apakah yang menyebabkan mahasiswa responden Universitas Airlangga mau berhenti merokok. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan waktu pengambilan data, penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini ditentukan secara arbitrer sesuai dengan sumber daya peneliti. Jumlah sampel perokok sebanyak 30 mahasiswa responden dan mantan perokok sebanyak 30 mahasiswa responden tanpa mempertimbangkan kuota fakultas.Cara pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling tanpa mempertimbangkan kuota fakultas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, karakteristik responden sebagian besar mahasiswa responden perokok berumur < 21 tahun sedangkan sebagian besar mahasiswa responden mantan perokok berumur > 21 tahun. Jenis kelamin mahasiswa responden didominasi laki-laki. Mayoritas mahasiswa responden memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup. Frekuensi merokok mahasiswa responden perokok menghisap 1-4 batang rokok per hari, sedangkan mahasiswa responden mantan perokok dulunya menghisap 5-14 batang rokok per hari. Sebagian besar mahasiswa responden berhenti merokok karena alasan kesehatan. Proses seleksi dalam self-efficacy mahasiswa responden mempengaruhi perilaku merokok, dilihat dari nilai signifikansi < 0,05. Mahasiswa responden perokok dan mantan perokok diharapkan dapat selektif dalam bergaul. Pihak fakultas dapat memberikan treatment agar keyakinan diri perokok untuk berhenti merokok semakin kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 103-17 Set d
Uncontrolled Keywords: determinan, berhenti merokok, self-efficacy
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5725-5770 Tobacco habit
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
TRIYANI SETIYOWATI, 101411123003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Widati, Dr. , S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Jul 2017 22:16
Last Modified: 20 Jul 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59309
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item