PENGGUNAAN SERBUK GERGAJI KAVU MERANTI (Shorea spp) DAN KAYU SENGON (Albizzia felcata Backer) DALAM MENURUNKAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL ( Pb )

WIWIN FARINA KARTINASARI, 059311515 (1998) PENGGUNAAN SERBUK GERGAJI KAVU MERANTI (Shorea spp) DAN KAYU SENGON (Albizzia felcata Backer) DALAM MENURUNKAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL ( Pb ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 1035.98 Kar p.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini telab dilakukan percobaan tentang penggunaan serbuk gergaji kayu Meranti dan Kayu Sengon dalam menurunkan kadar logam berat Pb, yaitu dengan membuat beberapa variasi persentase serbuk gergaji kayu yang ditambahkan dalam larutan logam Pb. Sehingga dapat dilihat perbedaan pengaruh persentase serbuk gergajj kedua jenis kayu (kayu Memnti dan kayu Sengon) terhadap penurunan kadar Pb dalam larutan dan perbedaan kemampuan serbuk gergaji kayu dalam menyemp Pb. Sebagai model penelitian digunakan Pb(N03)2 yang dilarutkan dalam asam nitrat 1 %, penambahan serb uk gergaji kayu pada larutan tersebut mengakibatkan terjadinya proses adsorbsi secara fisik antara serbuk gergaji dengan logam Pb. Untuk mengetahui kadar Pb yang tersisa (tidak terikat serbuk gergaji kayu), maka serbuk gergaji kayu dipisahkan terlebih dahulu dati larutan logamnya dengan cara penyaringan menggunakan kertas saring Whatman 42. Filtrat merupakan kadar Pb yang tidak terikat serbuk gergaji kayu dan diukur serapannya dengan menggunakan spektrofotometer absorbsi atom. Persen penurunan Pb dalam larutan diperoleh dengan membagi kadar Pb yang terserap dengan kadar Pb mula-mula. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji Anava Rancangan Faktorial (Uji F) satu arab untuk masing-masing jenis kayu. Untuk kayu Meranii dengan variasi persentase serbuk gergaji kayu yang ditambahkan (2,Oo/o-18,O%blv) diperoleh % penurunan Pb dalam larutan sebesar 5,97%-44,19% dan didapatkan kemampuan serbuk gergaji kayu menyerap logam Pb.sebesar 0,0566 mg/g. Sedangkan untuk kayu Sengon, dengan variasi persentase serbuk yang ditambahkan (l,5%-6,O%b/v) didapatkan % penurunan Pb dalam larutan sekitar 12,000/0-35,81% dan diperoleh kemampuan serbuk gergaji kayu menyerap logam Pb sebesar 0,1459 mg/g. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa perbedaan persentase serbuk gergaji kayu (kayu Meranti dan kayu Sengon) yang ditambahkan memberikan perbedaan bermakna terhadap penurunan kadar Pb dalam larutan dan terdapat perbedaan kemampuan antara serbuk gergaji kayu Meranti dan kayu Sengon dalam menyerap logam Pb dalam larutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsEmail
WIWIN FARINA KARTINASARI, 059311515UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAMIRUDIN PRAWITA, DR.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jul 2017 22:38
Last Modified: 20 Jul 2017 22:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item