PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa striata) TERHADAP ANGIOGENESIS PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA PASCA EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus)

ANINDYA TENRI PRAFITASARI, 021311133064 (2016) PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa striata) TERHADAP ANGIOGENESIS PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA PASCA EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 48-17 Pra p abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 48-17 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Ekstraksi gigi adalah suatu proses pengeluaran gigi dari soket dengan tindakan pembedahan yang sering menimbulkan komplikasi pada proses penyembuhan luka. Angiogenesis adalah proses penting dalam penyembuhan luka yang dibutuhkan untuk mempertahankan aliran darah ke jaringan setelah cedera pada fase proliferasi. Salah satu obat tradisional yang berpotensi untuk penyembuhan luka adalah ikan gabus. Ikan gabus dapat mempengaruhi angiogenesis in vitro karena mengandung Albumin, Cu, Fe, Mg, dan asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan faktor pertumbuhan dan penyembuhan luka setelah pencabutan gigi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh ekstrak ikan gabus (Channa striata) pada angiogenesis dalam penyembuhan luka setelah pencabutan gigi. Metode: Penelitian Laboratorium dengan post test only control group design, menggunakan 24 tikus Rattus norvegicus jantan yang dibagi menjadi 6 kelompok. Dilakukan ekstraksi mandibular insisivus sinistra, dan CMC-Na 0,5 % diaplikasikan pada kelompok kontrol sedangkan kelompok lainnya menggunakan 100% ekstrak ikan gabus secara topikal. Pengamatan dilakukan pada hari ke-3, 5, dan 7 dengan menghitung lumen pembuluh darah dan menggunakan sampling histopatologi. Hasil: Pemberian gel ekstrak ikan gabus secara topikal di soket Rattus norvegicus setelah pencabutan gigi, dapat meningkatkan jumlah lumen pembuluh darah. Simpulan: Pemberian ekstrak ikan gabus dapat meningkatkan angiogenesis dalam penyembuhan luka setelah pencabutan gigi dari Rattus norvegicus pada 3 hari, 5 dan 7. Kata Kunci: Penyembuhan luka, Channa striata, Ekstraksi gigi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 48-17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Penyembuhan luka, Channa striata, Ekstraksi gigi
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANINDYA TENRI PRAFITASARI, 021311133064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSoesanto, R., drg.,Mkes., SpBM (K)UNSPECIFIED
ContributorAndra Rizqiawan, drg., Phd., Sp.BMUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Jul 2017 00:40
Last Modified: 21 Jul 2017 00:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item