PENAMBAHAN TEPUNG LIMBAH UDANG DAN TEPUNG AMPAS KELAPA PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RETENSI ENERGI DAN RETENSI PROTEIN PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

MONIQ ANASTASYA YUNITA, 141111146 (2016) PENAMBAHAN TEPUNG LIMBAH UDANG DAN TEPUNG AMPAS KELAPA PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RETENSI ENERGI DAN RETENSI PROTEIN PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 04 -17 Ana p - Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 04 -17 Ana p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas penting perikanan budidaya air tawar di Indonesia. Ikan nila memiliki laju pertumbuhan dan perkembangbiakan yang relatif cepat serta memiliki cita rasa yang khas, oleh karena itu ikan nila dijadikan sebagai produksi unggulan dari pembudidaya ikan air tawar. Retensi protein dan retensi energi adalah besarnya protein dan energi yang dapat diserap oleh tubuh ikan, apabila ikan dapat menyerap protein dan energi lebih banyak maka akan menghasilkan pertumbuhan maksimal bagi ikan yang mengkonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung limbah udang dan ampas kelapa terhadap retensi protein, retensi energi dan laju pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan yaitu pakan P0 (100% pakan komersil) pakan P1 (Pakan Komersil 79% + Tepung limbah udang 10% + Tepung ampas kelapa 10%), pakan P2 (Pakan Komersil 59% + Tepung limbah udang 20% + Tepung ampas kelapa 20%), pakan P3 (Pakan Komersil 39% + Tepung limbah udang 30% + Tepung ampas kelapa 30%) dan pakan P4 (Pakan Komersil 19% + Tepung limbah udang 40% + Tepung ampas kelapa 40%) dengan ulangan sebanyak 4 kali. Metode pengukuran nilai retensi energi, retensi protein dan laju pertumbuhan yang digunakan adalah metode tidak langsung dengan menggunakan indikator. Variabel yang diamati adalah retensi energi, retensi protein dan laju pertumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa tepung limbah udang dan tepung ampas kelapa sebagai penambahan pada pakan komersil ikan pada pakan nila (Oreochromis niloticus) berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nila retensi energi, retensi protein dan laju pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 04-17 Ana p
Uncontrolled Keywords: Flour Waste Shrimp; Flour Dregs Coconut; Retention Energy ; Growth Rate Tilapia (Oreochromis niloticus).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MONIQ ANASTASYA YUNITA, 141111146UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorAbdul Manan, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Jul 2017 23:23
Last Modified: 23 Jul 2017 23:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item