ESTIMASI USIA MENGGUNAKAN METODE TOOTH CORONAL INDEX GIGI MOLAR SATU RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MELALUI RADIOGRAFI PANORAMIK

NIKE PUJI RAHMAWATI, 021311133112 (2016) ESTIMASI USIA MENGGUNAKAN METODE TOOTH CORONAL INDEX GIGI MOLAR SATU RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MELALUI RADIOGRAFI PANORAMIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 85-17 Rah e abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 85-17 Rah e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Tooth Coronal Index (TCI) merupakan metode estimasi usia yang didasarkan pada hubungan usia kronologis dan penurunan ruang koronal pulpa menggunakan radiografi dan diolah dengan formula sistematis. Gigi yang digunakan adalah gigi molar satu rahang bawah karena menunjukkan hasil yang signifikan pada metode TCI. Radiografi panoramik dipilih karena dapat menampilkan seluruh keadaan rongga mulut sehingga dapat dikombinasi dengan metode identifikasi usia lain maupun identifikasi jenis kelamin. Pada penelitian ini dilakukan metode TCI berdasarkan kelompok usia karena penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya di Surabaya dan sekitarnya. Usia kronologis sampel termuda adalah 6 tahun dan tertinggi adalah 78 tahun. Tujuan: Mengetahui perbedaan dan besar selisih estimasi usia biologis dan usia kronologis menggunakan metode Tooth Coronal Index gigi molar satu rahang bawah berdasarkan kelompok usia melalui pengamatan radiografik panoramik. Metode: Mengukur tinggi mahkota dan tinggi koronal pulpa gigi molar satu rahang bawah pada radiografi panoramik menggunakan kaliper digital dengan ketelitian 0,01 mm. Kemudian dilakukan penghitungan nilai TCI dan uji regresi untuk mendapatkan usia biologis sehingga dapat dihitung perbedaan selisih usia biologis dan usia kronologis antar kelompok usia. Hasil: Rata-rata selisih usia terendah didapatkan pada kelompok usia dewasa (26-45 tahun) sebesar ±3,19 tahun dan rata-rata selisih usia terbesar adalah pada kelompok usia manula (>65 tahun) yaitu ±9,23 tahun. Kesimpulan: Kelompok usia dewasa memiliki nilai mean selisih usia terendah sehingga merupakan kelompok usia yang paling tepat untuk estimasi usia dengan metode TCI. Sedangkan kelompok usia manula memiliki nilai mean selisih usia terbesar sehingga kurang tepat untuk metode TCI. Kata kunci: estimasi usia, TCI, gigi molar satu, radiografik panoramik, kelompok usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 85-17 Rah e
Uncontrolled Keywords: estimasi usia, TCI, gigi molar satu, radiografik panoramik, kelompok usia.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NIKE PUJI RAHMAWATI, 021311133112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEha Renwi A., Dr., drg., M.Kes., Sp. RKG (K)UNSPECIFIED
ContributorYunita Savitri, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Jul 2017 18:15
Last Modified: 24 Jul 2017 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item