ANALISIS KRITIS PENERAPAN NORMA-NORMA PRODUKSI ISLAM PADA INDUSTRI BORDIR DI KECAMATAN BANGIL (Studi Kasus pada Perusahaan Faiza Bordir)

WANDHA CHOLIFAH RAMADAN, NIM : 041211433067 (2017) ANALISIS KRITIS PENERAPAN NORMA-NORMA PRODUKSI ISLAM PADA INDUSTRI BORDIR DI KECAMATAN BANGIL (Studi Kasus pada Perusahaan Faiza Bordir). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 30_17 Ram a ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 30_17 Ram a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan norma-norma produksi Islam pada perusahaan Faiza Bordir di Kecamatan Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kepada informan yaitu pemilik dan pekerja di Faiza Bordir, serta pengumpulan data sekunder berasal dari jurnal, text book dan literatur lainnya. Analisis dilakukan dengan melihat kesesuaian antara kegiatan proses produksi Faiza Bordir dengan norma-norma produksi Islam. Mulai dari permodalan, tenaga kerja, sistem pengupahan dan bahan-bahan yang digunakan. Penelitian ini hanya menerapkan dua dari empat norma produksi Islam, yaitu menjadikan bekerja sebagai sendi utama produksi dan melakukan kegiatan produksi dalam lingkaran halal. Perusahaan Faiza Bordir memperhatikan dari sisi tenaga kerja, pengupahan bagi para pekerja, bahan-bahan yang digunakan, peruntukan barang, pola dan desain untuk memproduksi sesuai dengan prinsip Islam. Namun perlu diperhatikan dari sisi permodalan dan penerimaan pembayaran oleh konsumen agar dapat sesuai dengan prinsip Islam yaitu menggunakan bank syariah, baitul mal wat tamwil, dan pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 30/17 Ram a
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WANDHA CHOLIFAH RAMADAN, NIM : 041211433067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantH.Suherman Rosyidi, Drs.Ec., M.Com,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 24 Jul 2017 20:55
Last Modified: 24 Jul 2017 20:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59443
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item