PERBEDAAN KEKASARAN PERMUKAAN KOMPOSIT NANOHYBRID SETELAH PERENDAMAN DALAM ASAM SITRAT DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA (Penelitian Laboratoris)

GABRIELA KEVINA A., 021311133114 (2016) PERBEDAAN KEKASARAN PERMUKAAN KOMPOSIT NANOHYBRID SETELAH PERENDAMAN DALAM ASAM SITRAT DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA (Penelitian Laboratoris). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 95-17 Gab p abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 95-17 Gab p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: kekasaran permukaan suatu restorasi penting untuk memprediksi berapa lama restorasi dapat bertahan dalam mulut. Kondisi rongga mulut dapat mempengaruhi kekasaran permukaan restorasi yang berada di dalamnya. Komposit nanohybrid adalah komposit yang sering digunakan dalam bidang kedokteran gigi karena dapat digunakan untuk menumpat gigi anterior maupun posterior. Minuman isotonik biasanya dikonsumsi oleh para atlet secara rutin. Minuman ini bersifat lebih asam dan lebih erosif daripada minuman berkarbonasi karena mengandung banyak macam asam, salah satu asam yang kandungannya paling tinggi adalah asam sitrat. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekasaran permukaan komposit nanohybrid setelah direndam dalam asam sitrat dengan konsentrasi yang berbeda. Metode: Dua minuman isotonik berbeda dilakukan uji HPLC untuk menemukan konsentrasi asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Sampel yang digunakan adalah 27 komposit nanohybrid berbentuk silinder, yang dibagi dalam tiga kelompok. Pada kelompok 1 dan 2, sampel tersebut direndam dalam dua larutan asam sitrat dengan konsentrasi yang berbeda, sesuai dengan hasil uji HPLC sebelumnya. Sedangkan pada kelompok 3, sampel direndam dalam akuades sebagai kontrol positif. Ketiga kelompok uji ini dilakukan perendaman selama 7 hari, lalu seluruh sampel pada setiap kelompok dilakukan uji kekasaran permukaan dengan alat surface roughness tester (Mitutoyo SJ-201). Hasil: Seluruh data dianalisis menggunakan One Way ANOVA, dengan hasil p>0,05, yang berarti tidak didapatkan perbedaan yang signifikan pada masing-masing kelompok. Simpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kekasaran permukaan komposit nanohybrid setelah dilakukan perendaman dalam asam sitrat dengan konsentrasi yang berbeda. Kata Kunci: Komposit, Nanohybrid, Asam Sitrat, Kekasaran Permukaan, pH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 95-17 Gab p
Uncontrolled Keywords: Komposit, Nanohybrid, Asam Sitrat, Kekasaran Permukaan, pH.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GABRIELA KEVINA A., 021311133114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAdioro Soetojo, Prof. Dr., drg., MS., Sp.KG (K),UNSPECIFIED
ContributorWidya Saraswati, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Jul 2017 19:49
Last Modified: 26 Jul 2017 19:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item