PERENCANAAN LABA DENGAN PENDEKATAN MARJIN KONTRIBUSI DALAM ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA ("CVP") PADA PT. (PERSERO) PENGERUKAN INDONESIA CABANG JAKARTA

Yulianto, 049912885E (2005) PERENCANAAN LABA DENGAN PENDEKATAN MARJIN KONTRIBUSI DALAM ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA ("CVP") PADA PT. (PERSERO) PENGERUKAN INDONESIA CABANG JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-yulianto-5858-kkbkk-2-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-yulianto-5858-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT.(Persero) Pengerukan Indonesia Cabang Jakarta, dengan judul "Perencanaan Laba dengan pendekatan Marjin Kontribusi dalam Analisis Biaya-Volume-Laba (CVP)" Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengantisipasi apabila terjadi perubahan-perubahan baik perubahan mengenai biaya-biaya dan harga jual yang berpengaruh terhadap rencana laba perusahaan serta untuk mengetahui apakah analisis biaya-volume-laba dapat bermanfaat dalam perencanaan penjualan yang sekaligus mempengaruhi tingkat perolehan laba yang akan dicapai. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perubahan-perubahan dalam biaya-biaya dan harga jual yang berpengaruh terhadap rencana laba perusahaan adalah analisis biaya-volume-laba (CVP). Dengan menggunakan analisis biaya-volume-laba tersebut, perusahaan dapat menentukan besarnya komposisi penjualan apabila produk yang dijual adalah multi produk, perusahaan dapat menganalisis dampak perubahan biaya, baik biaya tetap maupun biaya variabel serta perusahaan juga dapat menganalisis dampak perubahan harga jual maupun volume penjualan. Perencanaan laba merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kesinambungan kegiatan operasi perusahaan. Untuk itu perencanaan laba agar disusun sebaik-baiknya dengan memperhatikan segala aspek yang mempengaruhinya. Dalam pelaksanaanya hendaknya perusahaan dikendalikan dengan baik, agar perusahaan dapat bekerja dengan efektif dan effisien. Oleh karena itu perusahaan dalam menganalisis adanya perubahan tidak hanya menggunakan data-data yang tercantum dalam anggaran perusahaan, juga harus dapat memperkirakan dan memahami bagaimana pengaruh perubahan atas biaya, volume maupun harga jual terhadap target laba yang ditetapkan perusahaan. Sarana yang dapat dipergunakan untuk mengetahui dampak perubahan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan analisis biaya-volume-laba (CVP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 340/05 Yul p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE PROFITS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Yulianto, 049912885EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAMBANG TJAHJADI, Dr., S.E., MBA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 24 Jan 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item