PENERAPAN TEKNOLOGI BUSMETIK (BUDIDAYA UDANG SKALA MINI EMPANG PLASTIK) PADA PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL, PASURUAN

ARDHIANSYAH NUR ROCHMAN, 141311133022 (2016) PENERAPAN TEKNOLOGI BUSMETIK (BUDIDAYA UDANG SKALA MINI EMPANG PLASTIK) PADA PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL, PASURUAN. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACK)
LAPORAN PKL ARDHIANSYAH NUR ROCHMAN-min.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
LAPORAN PKL ARDHIANSYAH NUR ROCHMAN-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di beberapa wilayah Indonesia karena keunggulannya, salah satunya di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Meskipun udang vannamei mempunyai banyak keunggulan dibandingkan udang lain seperti produktivitas yang tinggi, lebih tahan terhadap serangan penyakit, tingkat kelangsungan hidup (survival rate) selama masa pemeliharaan tinggi namun budidaya udang vannamei ini tergolong budidaya yang membutuhkan investasi yang besar. Oleh karena itu, dibutuhkan teknologi yang bisa digunakan oleh pembudidaya kalangan kebawah agar bisa melakukan budidaya udang seperti teknologi busmetik ini. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini yaitu untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang teknologi Busmetik pada pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) sehingga akhirnya mampu mengetahui keunggulan dan kelemahan dari penerapan teknologi Busmetik di pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPT PBAP, Bangil, Pasuruan Jawa Timur pada tanggal 20 Januari 2016 sampai tanggal 19 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Kegiatan pembesaran budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei) meliputi persiapan tambak, pemberantasan hama, penebaran udang, pemberian pakan, manajemen kualitas air, pengendalian hama dan penyakit serta pemanenan dan pemasaran. Masa pemeliharaan pada kegiatan pembesaran udang vannamei dengan teknologi busmetik ini tergolong singkat (size 60 ekor/kg dicapai pada masa pemeliharaan sekitar 100 hari). Teknik budidaya udang vannamei di kolam busmetik ini sudah memenuhi persyaratan teknik budidaya yang benar dan pengembangan usaha sudah mulai dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari analisis usaha yang menguntungkan seperti dapat dilihat dari R/C Ratio sebesar 1,91 artinya keuntungan yang didapat pada usaha budidaya udang vannamei dalam satu tahun terhadap biaya yang dipakai dalam kegiatan tersebut adalah 1,91. Karena usaha budidaya layak untuk dijalankan apabila nilai R/C > 1.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP 140/16 Roc p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ARDHIANSYAH NUR ROCHMAN, 141311133022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Jul 2017 19:51
Last Modified: 30 Jul 2017 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item