TEKNIK PEMBENIHAN IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN HIAS (BPPBIH), DEPOK – JAWA BARAT

GUNAWAN WICAKSONO SYUHARYADI, 141211133071 (2016) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN HIAS (BPPBIH), DEPOK – JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 177-16 Syu t ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 177-16 Syu t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi ikan hias air tawar yang sangat besar dan baik untuk ikan hias asli yang berasal dari perairan Indonesia maupun dari luar negeri. Memelihara ikan hias di perairan Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan ikan hias merupakan jenis ikan yang sangat menarik baik dari segi keindahan warna, bentuk tubuhnya, sifat, dan gerak tubuh saat berenang. Ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) merupakan ikan hias air tawar yang memiliki bentuk tubuh yang mengagumkan dan sangat menarik untuk dilihat. Ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) berasal dari sungai Amazon Brazil Amerika Selatan. Praktek Kerja Lapangan ini dilakukan pada tanggal 12 Januari sampai tanggal 12 Februari 2014 yang dilaksanakan di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Kelurahan Pancoramas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari praktek kerja lapang ini adalah untuk mengetahui tentang teknik pembenihan ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) secara alami dan mengetahhui fekunditas, hatching rate, dan survival rate. Teknik Pembenihan ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) meliputi persiapan kolam pemijahan, pemeliharaan induk dan seleksi induk, perispan kolam pemijahan, pemijahan, penanganan telur, penetasan telur, pengelolaan kualitas air, pemeliharaan larva, pemeliharaan benih, dan pemberian pakan. Hasil pemijahan ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) dilakukan secara alami didapatkan HR sebanyak 90,27% dan SR sebanyak 98,43%. Dilihat dari hasil yang diperoleh pemijahan ikan Black ghost (Apteronotus albifrons) sudah cukup optimal.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP 177/16 Syu t
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
GUNAWAN WICAKSONO SYUHARYADI, 141211133071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Manan, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Jul 2017 22:11
Last Modified: 30 Jul 2017 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item