PEMBERIAN PROBIOTIK DALAM MANAJEMEN PAKAN PADA IKAN BANDENG (Chanos chanos) DI KELOMPOK TANI TAMBAK KARYA MAKMUR, DESA KEDUNG PELUK, KEC. CANDI, KAB. SIDOARJO, JAWA TIMUR

META ZUBAIDA, 141311133163 (2016) PEMBERIAN PROBIOTIK DALAM MANAJEMEN PAKAN PADA IKAN BANDENG (Chanos chanos) DI KELOMPOK TANI TAMBAK KARYA MAKMUR, DESA KEDUNG PELUK, KEC. CANDI, KAB. SIDOARJO, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 178-16 Zub p ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 178-16 Zub p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan kaya protein. Ikan bandeng ini sangat populer dan juga banyak yang menyukainya. Ikan bandeng memiliki tubuh pipih dengan sirip ekornya bercabang sehingga mampu berenang dengan cepat. Warna tubuhnya putih keperak-perakan, serta menyukai makanan ganggang yang tumbuh di dasar perairan (herbivora). Praktik Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di Kelompok Tani Tambak Karya Makmur – Sidoarjo pada tanggal 11 Januari-11 Februari 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemberian probiotik dalam manajemen pakan pada budidaya ikan bandeng (Chanos chanos). Metode kerja yang digunakan dalam kegiatan PKL berupa metode deskriptif dengan pengumpulan data, baik data primer maupun data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan secara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pemeliharaan ikan bandeng selama PKL tentang pemberian probiotik dalam manajemen pakan pada ikan bandeng (Chanos chanos) Di Kelompok Tani Tambak Karya Makmur didapatkan hasil bahwa dalam proses pembuatan fermentasi pakan, selain probiotik yang digunakan, petani tambak juga menambahkan suplemen untuk menambah dan menaikkan nafsu makan pada ikan. Dengan kendala yang dihadapi yaitu untuk mendapatkan pakan pellet yang murah harus berpindah-pindah toko.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP 178/16 Zub p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
META ZUBAIDA, 141311133163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Jul 2017 22:30
Last Modified: 30 Jul 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item