PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI ENERGI DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii)

FAJAR SEPTIAN AJI, 141211133070 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI ENERGI DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 23 - 17 Aji p - Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 23 - 17 Aji p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang galah (Macrobrachium rosenbergii) adalah salah satu species udang air tawar asli Indonesia. Udang galah merupakan udang yang paling popular dari keseluruhan udang air tawar dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi baik di pasar domestik maupun luar negeri. Permasalahan yang biasa dihadapi dalam budidaya udang galah saat ini meliputi beberapa faktor antara lain kualitas air, penyakit, dan pakan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian pakan dalam jumlah yang cukup dan berkualitas serta tidak berlebihan merupakan faktor yang sangat menentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penambahan cod liver oil pada pakan komersial dapat meningkatkan retensi protein dan retensi energi udang galah (Macrobrachium rosenbergii). Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diberikan dosis cod liver oil 0% (control), dan perlakuan 1-4 menggunakan 3% dosis penambahan setiap perlakuan. Analisis data menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Berdasarkan hasil penelitian pemberian cod liver oil pada pakan komersial berpengaruh terhadap meningkatkan retensi protein dan retensi energi daging udang galah. Retensi protein terbaik terdapat pada perlakuan 2 dengan dosis 6% sedangkan retensi energi terbaik terdapat pada perlakuan 1 dengan dosis 3 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 23 - 17 Aji p
Uncontrolled Keywords: Cod Liver Oil ; the Commercial Feed; Retention Energy Meat Giant Freshwater Prawn (Macrobrachium rosenbergii)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FAJAR SEPTIAN AJI, 141211133070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 31 Jul 2017 17:11
Last Modified: 31 Jul 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item