ANALISIS PENGARUH PERSEPSI NASABAH ATAS KUALITAS PELAYANAN INTERNET BANKING TERHADAP CITRA PT. BANK MANDIRI TBK. : STUDI KASUS PADA CABANG PEMUDA SURABAYA)

Rully Bambang Dharyono, 040124199E (2005) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI NASABAH ATAS KUALITAS PELAYANAN INTERNET BANKING TERHADAP CITRA PT. BANK MANDIRI TBK. : STUDI KASUS PADA CABANG PEMUDA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dharyonoru-5893-kkbkk-2-k.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-dharyonoru-5893-b.1240-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, khususnya dalam dunia usaha khususnya lembaga perbankan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa, sebab menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Beragam pelayanan yang diberikan oleh pihak perbankan untuk nasabahnya, seperti adanya kualitas pelayanan Internet Banking, yang merupakan sebuah inovasi pelayanan yang dapat memberikan kemudahan serta kecepatan dalam memenuhi kebutuhan transasksi perbankan para nasabah. Sebuah kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak perbankan yang sangat bagus akan memberi manfaat pada citra perusahaan bank itu sendiri (Bhia dan Nantel, 2000), sebab citra perusahaan akan muncul oleh adanya persepsi konsumen atas pengalaman, kepercayaan, perasaan terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri (Worcester 1997). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah atas kualitas pelayanan melalui internet banking terhadap citra perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk. Cabang Pemuda Surabaya. Persepsi nasabah atas kualitas pelayanan internet banking disini terdiri dari dimensi kemudahan menggunakan pelayanan (Acces to Service), layanan yang ditawarkan (Service Offered, serta keamanan menggunakan pelayanan tersebut (Security). Responden penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri pengguna Internet Banking Mandiri. Uji Validitas menggunakan Pearson Product Moment Correlation dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Teknik analisa yang digunakan adalah Analisa Regresi Linier Berganda. Untuk menguji hipotesa yang dibangun, maka digunakan SPSS 10.00 diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = - 1,930 + 0,396 X 1 + 0,351 X2 + 0,285 X3 + e Berdasarkan uji hipotesa diperoleh bahwa hipotesa penelitian terjawab yang berarti adanya pengaruh antara persepsi nasabah atas kualitas layanan melalui internet banking terhadap citra perusahaan. Hasil analisis menyatakan bahwa 60,2 % varian pada citra perusahaan dapat dijelaskan oleh tiga variabel kualitas layanan internet banking yaitu kemudahan menggunakan (Acces to Service), layanan yang ditawarkan (Service Offered), serta keamanan menggunakan layanan (Security).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 124/05 Dha a
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING � CUSTOMER PROGRAM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Rully Bambang Dharyono, 040124199EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, Drs., M.Com., DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 24 Jan 2008 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item