POTENSI PENAMBAHANAzolla sp. DALAM FORMULASI PAKAN IKAN LELE (Clarias sp.) TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN EFISIENSI PAKAN

GUMELAR PRAHASTA NITY, 141211133064 (2016) POTENSI PENAMBAHANAzolla sp. DALAM FORMULASI PAKAN IKAN LELE (Clarias sp.) TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN EFISIENSI PAKAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 35 - 17 Nit p - Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 35 - 17 Nit p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lele (Clarias sp.) merupakan salah satu jenis ikan yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai ikan konsumsi. Ikan ini mempunyai beberapa keunggulan diantaranya, relatif tahan terhadap penyakit, oksigen terlarut yang rendah, memiliki pertumbuhan yang cepat dan sangat responsif terhadap pakan yang diberikan. Ikan lele termasuk jenis ikan omnivora yang memiliki nafsu makan yang tinggi, sehingga pemberian pakan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam pembudidayaan ikan ini. Pakan pada suatu proses budidaya menghabiskan sekitar 60–70 % biaya produksi yang dikeluarkan. Salah satu cara untuk mengurangi biaya pakan adalah dengan menggunakan pakan alternatif, salah satunya dengan menggunakan Azolla sp. yang berasal alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi penambahan Azolla sp. dalam formulasi pakan berpengaruh terhadap retensi protein dan efisiensi pakan ikan lele (Clarias sp.). Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli – Agustus di Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap. Terdiri atas lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan tepung azolla 0%, 5%, 10%, 15% dan 20% pada pakan formulasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa retensi protein antar perlakuan berbeda nyata dan efisiensi pakan tidak berbeda nyata. Hasil penelitian dapat disimpulkan penambahan Azolla sp. dalam formulasi pakan ikan lele memberikan pengaruh terhadap retensi protein dan tidak perpengaruh terhadap efisiensi pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 35 - 17 Nit p
Uncontrolled Keywords: Azolla sp. ; Feed Formulation Catfish (Clarias sp.) ; Protein Retention ; feed efficiency
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
GUMELAR PRAHASTA NITY, 141211133064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Prof. Dr., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Aug 2017 00:19
Last Modified: 02 Aug 2017 00:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item