PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PABRIK PEMBEKUAN CUMI-CUMI (Loligo vulgaris) DI PT. STARFOOD LAMONGAN, JAWA TIMUR

AGIL PUTRA BIMANTARA, 141311133172 (2016) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PABRIK PEMBEKUAN CUMI-CUMI (Loligo vulgaris) DI PT. STARFOOD LAMONGAN, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 162-16 Alv t ABSTRACT.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.162-16 Alv t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

AGIL PUTRA BIMANTARA. Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada Proses Pembekuan Cumi-Cumi (Loligo vulgaris) di PT. STARFOOD Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Dosen Pembimbing Dr. Rr. Juni Triastuti, S.Pi., M.Si Cumi-cumi (Loligo vulgaris) merupakan salah satu komoditi hasil perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan digemari oleh masyarakat. Salah satu kendala dalam pemasaran adalah cumi-cumi termasuk hasil perikanan yang sangat rentan terhadap kerusakan. Kualitas kesegaran cumi-cumi dapat dipertahankan dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang muncul setelah kematian cumi-cumi melalui penguraian kadar air dalam produk. Pembekuan merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar air yang terkandung dalam tubuh cumi-cumi sehingga dapat menjaga kualitasnya. Program kelayakan dasar dalam industri pembekuan diperlukan untuk menjamin keamanan pangan Program kelayakan tersebut yaitu dengan menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dengan benar. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini yaitu mengetahui sekaligus mempelajari penerapan GMP pada proses produksi pembekuan cumi-cumi. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Starfood International yang terletak di Desa Kandang Semangkon, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 18 Januari sampai 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Good Manufacturing Practices (GMP) adalah persyaratan dasar yang semestinya dipenuhi oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan pangan yang bermutu dan aman secara konsisten. Pokok pembahasan penerapan GMP meliputi lokasi dan lingkungan, bangunan dan fasilitas usaha, penyediaan dan pemeliharaan fasilitas sanitasi, peralatan pengolahan, sistem pengendalian hama, higiene dan sanitasi karyawan, proses produksi, manajemen pengawasan, pencatatan dan dokumentasi. Good Manufacturing Practices (GMP) diterapkan dengan melakukan perencanaan (plan), penerapan (do), pemeriksaan (check) dan perbaikan berkelanjutan (act).

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.161/16 Bim p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
AGIL PUTRA BIMANTARA, 141311133172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Aug 2017 22:13
Last Modified: 01 Aug 2017 22:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item