PROSES EKSTRAKSI DAN KARAKTERISASI FISIKA KIMIA BUBUK AGAR Gracilaria sp.SKALA LABORATORIUM DI PT. JAVA BIOCOLLOID SURABAYA

NIDYA TRIA YOLANDA, 141311133134 (2016) PROSES EKSTRAKSI DAN KARAKTERISASI FISIKA KIMIA BUBUK AGAR Gracilaria sp.SKALA LABORATORIUM DI PT. JAVA BIOCOLLOID SURABAYA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 166-16 Yol p ABSTRACT.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 166-16 Yol p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu komoditi laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi, karena pemanfaatannya yang demikian luas, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia industri, sehingga memiliki pasar yang luas dalam negeri maupun luar negeri. Rumput laut mengandung senyawa hidrocoloid seperti karagenan, agar dan alginat. Agar merupakan produk utama yang dihasilkan dari rumput laut terutama dari kelas Rhodophycae, seperti Gracilaria, Gellidium. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang adalah untuk mengetahui karakteristik fisika kimia bubuk agar dari spesies Gracilaria sp. di PT. Java Biocolloid, Surabaya. Kegiatan Praktek Kerja Lapang akan dilaksanakan di PT. Java Biocolloid, Kelurahan Krembangan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 1 Februari – 26 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Pihak quality control research and development PT. Java Biocolloid Surabaya melakukan pengujian karakteristik kimia dan fisika bubuk agar diantaranya yaitu granulometri, turbidity, pH, gel strength, viskositas dan kadar air. Nilai granulometri bubuk agar adalah 100% pass meshsize 60. Bubuk agar memiliki nilai turbiditas 11,0 – 29,9 NTU, nilai pH 6,4 – 6,8, gel strength 800 – 1000 g/cm, viskositas 17 – 19 cP dan kadar air 8 – 11 %. Kualitas fisika kimia bubuk agar yang diproduksi oleh PT. Java Biocolloid sudah memenuhi standar kualitas bubuk agar yang baik sesuai dengan standar kualitas bubuk agar oleh pihak konsumen baik nasional maupun internasional.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.166/16 Yol p
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD450-801 Physical and theoretical chemistry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
NIDYA TRIA YOLANDA, 141311133134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Aug 2017 23:52
Last Modified: 01 Aug 2017 23:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item