PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PROSES PRODUKSI PENGALENGAN IKAN LEMURU (Sardinella longiceps) DI PT. MAYA FOOD INDUSTRIES, PEKALONGAN, JAWA TENGAH

MONITA RAHMAWATI, 141211132017 (2015) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PROSES PRODUKSI PENGALENGAN IKAN LEMURU (Sardinella longiceps) DI PT. MAYA FOOD INDUSTRIES, PEKALONGAN, JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.225-16 Rah p ABSTRACT.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.225-16 Rah p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lemuru kaleng merupakan salah satu produk olahan ikan yang telah melewati proses pengalengan. Mutu dari produk kaleng dapat terjaga apabila industri yang memproduksi produk kaleng tersebut telah menerapkan sistem manajemen keamanan pangan termasuk Good Manufacturing Practices (GMP). Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui, memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kerja serta mengetahui hambatan atau permasalahan dalam penerapan Good Manufacturing Practices (GMP). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Maya Food Industries, Jl. Jlamprang, Kelurahan Krapyak Lor, Kecamatan Pekalongan Utara, Pekalongan 51149, Jawa Tengah pada tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2015. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah pengamatan langsung dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pabrik pengalengan ikan lemuru ini telah memiliki berbagai sertifikat termasuk sertifikat Good Manufacturing Practices (GMP) untuk membuktikan bahwa produk kaleng perusahaan ini memiliki mutu yang terjaga. Good Manufacturing Practices (GMP) yang digunakan mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Indonesia No. 75/M-IND/PER/7/2010 tentang pedoman cara produksi pangan olahan yang baik, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 50/2012 tentang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3), dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 28/2004 tentang keamanan, mutu, dan gizi pangan. PT. Maya Food Industries sudah menerapkan Good Manufacturing Practices (GMP) pada proses pengalengan ikan lemuru (Sardinella longiceps) yaitu pada tahap penerimaan bahan baku, thawing, pemotongan dan sortasi, pencucian, pengisian dan penimbangan, pemasakan awal, penirisan, pengisian media, penutupan kaleng, sterilisasi, pendinginan.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.225/16 Rah p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
MONITA RAHMAWATI, 141211132017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:08
Last Modified: 02 Aug 2017 01:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item