ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KOGNITIF KONSUMEN ATAS IKLAN FRUIT TEA DI TELEVISI TERRHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN DI SURABAYA

Dwi Endang Suryani, 040023535E (2005) ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KOGNITIF KONSUMEN ATAS IKLAN FRUIT TEA DI TELEVISI TERRHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-suryanidwi-5934-kkbkk-2-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-suryanidwi-5934-b.1420-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Para pemasar semakin gencar melakukan program komunikasi pemasaran dengan tujuan memperebutkan konsumen sasaran dan masyarakat umum sebanyak-banyaknya melalui iklan. Hal ini mendorong pemasar berlomba-lomba menciptakan atau merancang iklan yang menarik dan unik dengan menampilkan iklan humor yang ditayangkan di media televisi. Iklan humor ini dapat menarik perhatian konsumen dan mudah diingat sehingga dengan melihat iklan humor tersebut konsumen dapat terpengaruh sehingga menimbulkan minat untuk melakukan pembelian. Penelitian ini menganalisis pengaruh tanggapan konsumen atas iklan humor Fruit Tea di televisi terhadap minat beli konsumen di Surabaya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden 100 prang, pria dan wanita dengan usia minimum 15 tahun sebagai sumber data primer. Model analisis regresi linier berganda yang dihasilkan dalam penelitian ini sebagai berikut: Y = -0,2.57 + 0,239X1 + 0,122X2 + 0,135X3 + 0,107X4 + 0,137X5 + 0,338X6 Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa melalui uji F menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, dimana variabel-variabel tanggapan konsumen atas: bintang iklan, pesan iklan, kata yang didengar, gambar iklan, lagu/ musik iklan dan gerakan dalam iklan secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli Fruit Tea di Surabaya. Pada uji t dengan tingkat signifikansi sebesar 5%, dengan nilai t hitung untuk variabel X1 adalah 3,245; nilai t hitung untuk variabel X2 adalah 2,327; nilai t hitung untuk variabel X3 adalah 2,295; nilai t hitung untuk variabel X4 adalah 2,125; nilai t hitung untuk variabel X5 adalah 2,573; dan nilai t hitung untuk variabel X6 adalah 4,391 dengan dibandingkan nilai t tabel sebesar 1,9845 maka keputusannya adalah menolak H0, dan menerima Ha yang berarti bahwa variabel tanggapan konsumen atas bintang iklan (X1), variabel tanggapan konsumen atas pesan iklan (X2), variabel tanggapan konsumen atas kata yang didengar (X3), tanggapan konsumen atas gambar iklan (X4), tanggapan konsumen atas lagu/ musik iklan (X5), dan variabel tanggapan konsumen atas gerakan dalam iklan (X6) secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli Fruit Tea di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 142/05 Sur a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; ADVERTISING � TELEVISION PROGRAMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Endang Suryani, 040023535EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTANTI HANDRIANA, S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 28 Jan 2008 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5971
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item