TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA KLINIK DALAM KASUS GIGI TIRUAN LENGKAP DI RSGM-P UNIVERSITAS AIRLANGGA (Periode Januari 2013 – Juni 2016)

FARAH AZKIYAH, 021311133126 (2016) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA KLINIK DALAM KASUS GIGI TIRUAN LENGKAP DI RSGM-P UNIVERSITAS AIRLANGGA (Periode Januari 2013 – Juni 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 114-17 Azk t abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 114-17 Azk t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Dalam rangka memasuki era pasar bebas, tuntutan kualitas pelayanan kesehatan gigi mengalami peningkatan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar, persentase dari masyarakat yang telah menerima pelayanan kesehatan gigi meningkat dari 29,7% pada tahun 2007 menjadi 31,1% pada tahun 2013. Begitu juga dengan permintaan gigi tiruan lengkap yang telah diramalkan akan mengalami peningkatan dari 54 juta pada tahun 1991 menjadi 61 juta pada tahun 2020. Salah satu tempat pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Surabaya adalah RSGM-P Universitas Airlangga. Karena kebutuhan pelayanan kesehatan selalu mengalami peningkatan, maka tingkat kualitas pelayanan kesehatan juga harus ditingkatkan. Cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan mengetahui standar pelayanan kesehatan. Standar pelayanan kesehatan diukur berdasarkan tingkat kepuasan pasien dari kualitas pelayanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan mahasiswa klinik pada kasus gigi tiruan lengkap di RSGM-P Universitas Airlangga (periode Januari 2013 hingga Juni 2016). Metode: analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling yang dianalisis secara kuantitatif menggunakan kuesioner dan wawancara kepada responden dengan total 55 responden. Hasil: 52,73% responden puas terhadap kualitas pelayanan mahasiswa klinik dan 47,27% responden tidak merasa puas. Tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh kualitas pelayanan seperti jaminan, empati, kehandalan, daya tanggap, tampilan fisik, pelayanan medis dan profesionalitas. Hal ini diketahui dari nilai p < 0,05. Kesimpulan: 52,73% pasien gigi tiruan lengkap di klinik Prostodonsia RSGM-P Universitas Airlangga merasa puas terhadap kualitas pelayanan mahasiswa klinik. Kata Kunci: Kepuasan pasien, Gigi Tiruan Lengkap, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Gigi Tiruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 114-17 Azk t
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Gigi Tiruan Lengkap, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Gigi Tiruan.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARAH AZKIYAH, 021311133126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAdi Subianto, drg., MS., SpPros(K)UNSPECIFIED
ContributorHarry Laksono, drg., SpPros., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:41
Last Modified: 02 Aug 2017 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item