EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA “AKU ANAK YANG BERANI (AAYB)” PADA SIKAP TERHADAP PELECEHAN SEKSUAL DI SD NEGERI X TUBAN

CORNELLA NAWANGRANA, 111311133067 (2016) EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA “AKU ANAK YANG BERANI (AAYB)” PADA SIKAP TERHADAP PELECEHAN SEKSUAL DI SD NEGERI X TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT) - CORNELLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan ular tangga Aku Anak yang Berani (AAYB) terhadap prevensi pelecehan seksual yang dilakukan di SD Negeri Tunah 1 Tuban. Permainan Ular Tangga AAYB merupakan salah satu jenis permainan edukatif yang sebelumnya disusun oleh penulis buku Watiek Ideo dan Theo Ideo. Permainan dinilai dapat secara efektif dalam transfer informasi kepada anak karena berdasarkan teori dari Piaget anak berada pada tahap operasional konkret yang berarti lebih dapat memahami penyampaian pengetahuan dengan terlibat secara nyata (Smith, 2011). Tipe penelitian ini menggunakan eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen untuk menjelaskan signifikansi efektifitas melalui uji hipotesis. Penelitian dilakukan terhadap 21 subjek siswa SD Negeri Tunah 1 Tuban yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 11 subjek kelompok kontrol dan 10 subjek kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tipe kuesioner yang memiliki 17 item, disusun berdasarkan teori oleh Lestari (2015) disesuaikan dengan item yang ada di ular tangga Aku Anak yang Berani (AAYB). Reliabilitas instrumen adalah 0.829. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-test melalui SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga Aku Anak yang Berani (AAYB) efektif terhadap prevensi pelecehan seksual pada siswa SD Negeri Tunah 1 Tuban dengan nilai probabilitas sebesar 0.000; sig < 0.05. Dengan hasil penelitian ini diharapkan anak dapat menjaga dirinya jika ancaman pelecehan seksual yang bisa saja terjadi pada diri mereka melalui pesan yang terdapat pada ular tangga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 21/17 Naw e
Uncontrolled Keywords: Permainan, Ular Tangga, Prevensi, Pelecehan Seksual, Anak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
CORNELLA NAWANGRANA, 111311133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWoelan Handadari, Dra.,M.si.PsikologiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2017 17:35
Last Modified: 02 Aug 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item