GAMBARAN KARAKTERISTIK KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI LINGKUNGAN SEKOLAH MUSIK

ESTRIDINA WIDYA PERDANA, 111311133195 (2017) GAMBARAN KARAKTERISTIK KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI LINGKUNGAN SEKOLAH MUSIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT) - ESTRIDINA.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2020.

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi informasi mengenai karakteristik komunikasi pada anak autis di lingkungan sekolah musik, dengan berfokus pada cara yang digunakan anak autis dalam berkomunikasi. menurut Bogdashina (2005) terdapat tujuh cara anak autis berkomunikasi antara lain: perilaku, gestur tubuh, vocal, verbal, bahasa isyarat, menggunakan benda atau gambar, dan cara kombinasi. Partisipan dalam penelitian ini merupakan tiga anak laki-laki yang didianogsa autis dan sedang mengikuti les disebuah sekolah musik di Surabaya. Menggunakan penelitian studi kasus instrumental diyakini dapat memberika n gambaran karakteristik autis secara utuh, dengan sumber data utama berupa observasi dan dibantu dengan wawancara significant others, data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang menjabarkan seluruh hasil temuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat enam cara yang digunakan anak autis untuk berkomunikasi antara lain perilaku, gestur, vocal, verbal, menggunakan benda atau objek, dan cara kombinasi. Keenam cara tersebut harus diperkuat untuk adanya komunikasi dua arah, dengan menggunakan aktivitas musik menjadi stimulus menyenangkan, anak autis berhasil menjalin perhatian bersama dan hal tersebut menjadi kode utama adanya komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 33/17 Per g
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, Gambaran Komunikasi, Cara Anak Autis Berkomunikasi, Komunikasi Anak Autis di Lingkungan Sekolah Musik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ESTRIDINA WIDYA PERDANA, 111311133195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoelan Handadari, Dra.,MSi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2017 19:33
Last Modified: 02 Aug 2017 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item