POTENSI PENAMBAHAN MINYAK IKAN LEMURU PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA BELUT SAWAH (Monopterus albus)

AUDIA IMANISA, 141211132041 (2016) POTENSI PENAMBAHAN MINYAK IKAN LEMURU PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA BELUT SAWAH (Monopterus albus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 39 - 17 Ima p - Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 39 - 17 Ima p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) adalah jenis omega-3 yang paling dominan pada minyak ikan. EPA dan DHA ini tidak diproduksi oleh tubuh ikan, melainkan oleh tumbuhan laut seperti alga. Kandungan EPA dan DHA dalam ikan disebabkan karena ikan tersebut mengkonsumsi alga yang mengandung kedua asam lemak tersebut. Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) memiliki peranan penting bagi belut, terutama dalam pertumbuhan dan fungsi otak (Haris, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penambahan minyak ikan lemuru pada pakan komersial terhadap kandungan EPA dan DHA belut sawah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah kandungan minyak ikan lemuru dengan dosis yang berbeda, yaitu P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%), dan P4 (8%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandungan EPA dan DHA daging belut sawah. Parameter penunjang yang diamati adalah parameter kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian penggunaan minyak ikan lemuru pada pakan komersial menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kandungan EPA dan DHA pada daging belut sawah. Kandungan EPA dan DHA tertinggi terdapat pada perlakuan P4 (8%) dan terendah terdapat pada perlakuan P0 (0%). Penambahan minyak ikan lemuru pada pakan belut sawah perlu diteliti lebih jauh lagi terkait dengan pertumbuhan belut maupun siklus reproduksi belut sawah sehingga meningkatkan produktivitas belut sawah. Penambahan minyak ikan lemuru pada pakan komersial sebaiknya menggunakan dosis 6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 39 - 17 Ima p
Uncontrolled Keywords: lemuru oil ; EPA and DHA ; eel (Monopterus albus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
AUDIA IMANISA, 141211132041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMirni Lamid, Dr. , drh., M.P.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Aug 2017 20:21
Last Modified: 02 Aug 2017 20:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item