ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN LOKALISASI DOLLY PADA ACARA AIMAN DI KOMPAS TV

LULUK LUSIANA, 121211133023 (2016) ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN LOKALISASI DOLLY PADA ACARA AIMAN DI KOMPAS TV. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FS BI 03-17 Lus a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana kritis terhadap pemberitaan lokalisasi Dolly pada program acara Aiman di Kompas TV ditinjau dari tiga dimensi yaitu, analisis teks, analisis praktik wacana, dan analisis praktik sosiokultural model Norman Fairclough. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kritis sehingga piranti analisis teks berita memilih analisis wacana kritis dalam penelitian skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya praktik kekuasaan terhadap fenomena bisnis prostitusi di kawasan lokalisasi Dolly yang tersembunyi yang ditunjukkan dalam dimensi bahasa ditinjau dari analisis teks. Dua dimensi lain, yaitu praktik wacana dan praktik sosikultural juga ikut mempengaruhi munculnya praktik kekuasaan dalam acara Aiman. Pada praktik wacana menghasilkan temuan bahwa sosok perempuan yang bekerja sebagai PSK dibentuk sebagai posisi yang dimarginalkan. Sedangkan pada praktik sosiokultural dipengaruhi oleh tiga aspek. Pertama, aspek situasional menghasilkan temuan bahwa wacana munculnya kembali bisnis prostitusi di kawasan lokalisasi Dolly merupakan wujud dari penyebab tindakan penutupan kawasan lokalisasi Dolly oleh pemerintah. Kedua, aspek institusional yang menunjukkan bahwa acara Aiman memanfaatkan khalayak atau konsumen sebagai ekonomi media dalam memproduksi wacana. Ketiga, aspek sosial yang memperlihatkan bahwa latar belakang sosial dan budaya masyarakat, baik warga Dolly maupun masyarakat Indonesia sangat mempengaruhi wacana yang dimunculkan oleh Aiman dan narasumber. Hal ini menunjukkan bahwa wacana kritis dalam pemberitaan lokalisasi Dolly merupakan perubahan sosial yang dapat dilihat dari dalam teks (bahasa), proses pemroduksian teks, dan dari luar teks (konteks) yang ketiganya saling mempengaruhi dalam menciptakan praktik kekuasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 03/17 Lus a
Uncontrolled Keywords: analisis wacana kritis, analisis model Norman Fairclough, analisis teks, analisis praktik wacana, analisis sosiokultural
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LULUK LUSIANA, 121211133023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNi Wayan Sartini, Dr., Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Aug 2017 22:07
Last Modified: 02 Aug 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59775
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item