KETERASINGAN TOKOH UTAMA TERHADAP MASYARAKAT PADA CERPEN-CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN PENGGALI SUMUR KARYA ZAKI ZUBAIDI: TELAAH STRUKTUR

Miftahul Huda, 121211131222 (2017) KETERASINGAN TOKOH UTAMA TERHADAP MASYARAKAT PADA CERPEN-CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN PENGGALI SUMUR KARYA ZAKI ZUBAIDI: TELAAH STRUKTUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FS BI 08-17 Hud k.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul“Keterasingan Tokoh Utama Terhadap Masyarakat pada Cerpen- Cerpen dalam Kumpulan Cerpen Penggali Sumur Karya Zaki Zubaidi: Telaah Struktur’’ di dalam melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana hubungan yang terjadi antara tokoh utama dengan masyarakat tempat ia berada, serta bagaimana masyarakat memandang pola perilaku yang dilakukan oleh tokoh utama. Kumpulan Cerpen Penggali Sumur karya Zaki Zubaidi adalah sumber utama yang digunakan dalam melakukan penelitian ini, serta tidak lupa menggunakan bantuan dari buku-buku lain guna mendapatkan bantuan dalam melaksanakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik studi pustaka. Penggunaan teknik tersebut dinilai sangat membantu dalam pencarian data yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian tersebut. Penelitian ini pada akhirnya telah berhasil mengungkapkan tentang bagaimana hubungan tokoh dalam kumpulan cerpen Penggali Sumur dengan tempat dimana tokoh tersebut berada. Adanya perlakuan yang cenderung memojokan bahkan mengasingkan tokoh utama didasari oleh adanya perilaku yang berbeda yang tidak sesuai dengan pandangan masyarakat tempat ia tinggal. Pandangan masyarakat yang dianggap sebuah Patokan nilai-nilai pada dasarnya adalah tolak ukur bagi seorang individu dalam melakukan sebuah tindakan, agar tidak mendapat sangsi oleh masyarakat seorang individu harus mematuhi pandangan masyarakat tersebut dan apabila menolak maka akan terjadi sebuah pemberian sangsi oleh kelompok masyarakat tempat ia tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 08/17 Hud k
Uncontrolled Keywords: Tokoh, Struktur, Keterasingan,Cerpen
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Miftahul Huda, 121211131222UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBramantio, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Aug 2017 22:58
Last Modified: 02 Aug 2017 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59793
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item