PENGARUH PENAMBAHAN PROPOLIS PADA MEDIA PENGENCER KUNING TELUR SITRAT TERHADAP MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA IKAN MAS (Cyprinus carpio L.)

AKMALIA NUR SYAFTIYANI, 141211133022 (2017) PENGARUH PENAMBAHAN PROPOLIS PADA MEDIA PENGENCER KUNING TELUR SITRAT TERHADAP MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA IKAN MAS (Cyprinus carpio L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.49-17 Sya p ABSTRACT.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.49-17 Sya p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan budidaya ikan mas (Cyprinus carpio L.) di Indonesia terus dilakukan untuk mencapai target produksi, salah satunya adalah fertilisasi buatan dengan pengenceran semen. Pengenceran merupakan salah satu upaya mempertahankan kualitas spermatozoa, salah satu yang umum digunakan adalah pengencer kuning telur sitrat. Kuning telur mengandung karbohidrat berupa glukosa yang dapat digunakan spermatozoa sebagai sumber energi (Toelihere, 1993). Namun, sumber nutrisi yang paling banyak digunakan adalah karbohidrat terutama fruktosa yang paling mudah dimetabolisme oleh spermatozoa (Hardjopranjoto, 1995). Oleh karena itu diperlukan penambahan fruktosa dalam pengencer kuning telur sitrat. Gula fruktosa yang dapat memenuhi kebutuhan energi spermatozoa tersebut terkandung dalam propolis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh propolis pada pengencer kuning telur sitrat dalam mempertahankan motilitas dan viabilitas spermatozoa ikan mas. Penelitian bersifat eksperimen menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) dan masing-masing perlakuan dilakukan dalam empat kali ulangan. Penelitian ini terdiri dari satu perlakuan kontrol positif, satu perlakuan kontrol negatif dan tiga perlakuan dosis propolis yang berbeda (0,4 mg/ml, 0,6 mg/ml dan 0,8 mg/ml). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan propolis dalam pengencer kuning telur sitrat pada proses pengenceran semen berpengaruh tehadap motilitas dan viabilitas spermatozoa ikan mas. Persentase motilitas dan viabilitas spermatozoa tertinggi pada penelitian ini terdapat pada pemberian dosis propolis 0,8 mg/ml. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang penambahan propolis dengan dosis yang berbeda dalam pengencer kuning telur sitrat dan dilakukan penyimpanan lebih dari 30 menit terhadap kualitas semen ikan mas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PK.BP.49/17 Sya p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsEmail
AKMALIA NUR SYAFTIYANI, 141211133022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Aug 2017 00:14
Last Modified: 03 Aug 2017 00:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59797
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item