PENGARUH PERSEPSI MENGENAI LINGKUNGAN BELAJAR DAN ACHIEVEMENT EMOTION TERHADAP GOAL SISWA DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO

KARTIKA AYU DAMAYANTI, 111311133021 (2017) PENGARUH PERSEPSI MENGENAI LINGKUNGAN BELAJAR DAN ACHIEVEMENT EMOTION TERHADAP GOAL SISWA DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT) - KARTIKA.pdf
Restricted to Registered users only until 4 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi mengenai lingkungan belajar dan achievement emotion terhadap achievement goal siswa di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Achievement goal didefinisikan sebagai dorongan dan motif personal yang mengarahkan individu untuk mencapai tujuannya dimana hal tersebut berkaitan dengan pencapaian tertentu, selain itu mengacu kepada standar yang digunakan untuk mengevaluasi performa dalam meraih tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 176 siswa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner skala persepsi mengenai lingkungan belajar yang disusun oleh penulis berdasarkan konstrak persepsi mengenai lingkungan belajar yang dikembangkan oleh Doll, et al. (2010), skala achievement emotion yang disusun oleh penulis berdasarkan control-value theory milik Pekrun (2006), dan skala achievement goal diadaptasi dari Achievement Goal Questionnaire Revised (AGQ-R) yang dikembangkan oleh Elliot & Murayama (2008). Skala persepsi mengenai lingkungan belajar terdiri dari 38 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,912, skala achievement emotion terdiri dari 30 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,781, dan skala achievement goal terdiri dari 12 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,820. Analisis data untuk menguji pengaruh persepsi mengenai lingkungan belajar dan achievement emotion terhadap achievement goal menggunakan uji multiple regresi dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 19. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa persepsi mengenai lingkungan belajar dan achievement emotion secara signifikan berpengaruh terhadap achievement goal siswa SMA Negeri 1 Taman. Pengaruh variabel persepsi mengenai lingkungan belajar dan achievement emotion terhadap achievement goal adalah sebesar 14,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 44/17 Dam p
Uncontrolled Keywords: persepsi mengenai lingkungan belajar, achievement emotion, achievement goal, siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
KARTIKA AYU DAMAYANTI, 111311133021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Ainy Fardana, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2017 18:49
Last Modified: 09 Oct 2017 23:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59818
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item