PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA PENUGASAN BERKELOMPOK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KOHESIVITAS KELOMPOK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

ALAQ ALDILLAH RYANTA, 111111191 (2017) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA PENUGASAN BERKELOMPOK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KOHESIVITAS KELOMPOK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (full text)
111111191 - ALAQ ALDILLAH RYANTA (SKRIPSI-PERPUS).pdf
Restricted to Registered users only until 4 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas komunikasi terhadap social loafing dan kohesivitas kelompok sebagai variabel mediator. Pada penelitian ini didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh Anggraeni & Alfian (2015) yang melihat hubungan antara kohesivitas kelompok dengan social loafing. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengidentifikasi faktor lain yang diduga dapat mereduksi social loafing. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya dengan 212 subjek. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Instrumen pengukuran kualitas komunikasi menggunakan Communication Survey Scale yang dikembangkan oleh Lowry, dkk. (2006), kohesivitas kelompok menggunakan kuesioner Group Environment Questionnaire dari Caroon, dkk., (1985 dalam Anggraeni & Alfian, 2015), dan kuesioner Social Loafing yang telah dikembangkan oleh Anggraeni & Alfian (2015). Analisis data untuk menguji pada penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan variabel intervening dengan metode product of coefficient. Berdasarkan hasil penelitian ini, adanya pengaruh kualitas komunikasi terhadap kohesivitas kelompok b = 0,485 dan (p = 0,00), pengaruh kohesivitas kelompok terhadap social loafing b = -0,357 dan (p = 0,00), dan kohesivitas kelompok dapat menjadi variabel memediasi antara kualitas komunikasi terhadap social loafing pada uji pengaruh tidak langsung b = -2,265 dan (p = 0,00). Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa diharapkan dapat menjalin komunikasi antar sesama pada pengerjaan tugas berkelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 45/17 Rya p
Uncontrolled Keywords: kohesivitas kelompok, kohesivitas, social loafing, kualitas komunikasi,mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ALAQ ALDILLAH RYANTA, 111111191UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuryanto, Prof.,Dr.M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2017 18:56
Last Modified: 09 Oct 2017 23:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item