HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA

NADIAH RIFDAH FAUZIAH DJAU, 111311133187 (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT).pdf
Restricted to Registered users only until 4 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dengan flow akademik pada siswa cerdas istimewa. Coopermsith (1967) mendefinisikan selfesteem sebagai evaluasi yang dibuat individu dan kebiasaan individu memandang dirinya, yang mengungkapkan sikap menerima atau menolak, dan indikasi besarnya kepercayaan diri individu terhadap kemampuannya, keberartian, kesuksesan, dan keberhargaan dirinya. Flow menurut Csikszentmihalyi (1990) adalah kondisi dimana individu sangat terlibat penuh dalam sebuah kegiatan, penuh kepuasan, yang tidak membutuhkan penghargaan eksternal dikarenakan motivasi internalnya. Pada penelitian ini flow digunakan pada konteks akademik, dimana flow akademik sendiri adalah keadaan dimana siswa dapat berkonsentrasi penuh, memiliki motivasi diri, dan merasa nyaman ketika melakukan kegiatan akademik sehingga siswa dapat terlibat secara penuh dan melakukan aktivitas akademiknya secara optimal (Prihandrijani, 2016). Subjek penelitian adalah siswa cerdas istimewa yang berada pada kelas khusus di sekolahnya. Pada penelitian ini jumlah subjek sebanyak 59, yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 44 siswa perempuan meliputi kelas cerdas istimewa 1,2,dan 3 SMP. Pada peneltian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner Coopersmith Self-Esteem Inventory milik Coopersmith untuk mengukur self-esteem yang berjumlah 58 aitem (8 lie scale) dan alat ukur flow akademik yang disusun oleh peneliti sendiri yang berjumlah 18 aitem. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman’s rho dengan bantuan program SPSS 24 for Mac. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi antara variabel self-esteem dengan flow akademik sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan memiliki nilai korelasi 0,403. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-esteem dengan flow akademik pada siswa cerdas istimewa. Hubungan yang dimiliki pun bersifat positif, yang berarti semakin tinggi self-esteem yang dimiliki siswa maka semakin tinggi flow akademiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 48/17 Dja h
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, flow Akademik, Siswa Cerdas Istimewa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
NADIAH RIFDAH FAUZIAH DJAU, 111311133187UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRudi Cahyono, S.Psi.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2017 19:22
Last Modified: 09 Oct 2017 23:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item