PENGARUH LAMA WAKTU PERENDAMAN PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) UNTUK PENGENDALIAN Argulus japonicus PADA IKAN MAS KOMET (Carassius auratus auratus)

NOOR HAFIDZ HERWANTO, 0607103313P (2017) PENGARUH LAMA WAKTU PERENDAMAN PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) UNTUK PENGENDALIAN Argulus japonicus PADA IKAN MAS KOMET (Carassius auratus auratus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.56-17 Her p ABSTRACT.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.56-17 Her p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha perikanan terutama ikan hias air tawar merupakan alternative usaha untuk menjalankan perekonomian di Indonesia. Indonesia memiliki potensi ikan hias mencapai 300 juta ekor per tahun, salah satunya adalah ikan mas komet (Carassius auratus auratus). Dalam hal ini kegiatan pembenihan memegang peranan penting, tetapi memiliki beberapa kendala, diantaranya adalah masalah pengendalian penyakit yang disebabkan oleh parasit Argulus. Salah satu alternatif untuk mengendalikan parasit ini adalah dengan perasan buah mengkudu (Morinda citrifolia) yang mengandung alkaloid yang berperan sebagai antiparasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu perendaman dan lama waktu perendaman yang optimalperasan buah mengkudu untuk pengendalian Argulus japonicus pada ikan mas komet (Carassius auratus auratus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima kelompok perlakuan dan empat ulangan, yaitu A (0% - 15 menit) sebagai kontrol, B (2,5% -15 meenit), C (2,5% - 20 menit), D (2,5% - 25 menit), dan E (2,5% - 30 menit). Parameter utama yang diamati adalah lepasnya Argulus yang menempel pada ikan mas komet setelah perendaman dengan perasan buah mengkudu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA kemudian dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lama waktu perendaman perasan buah mengkudu berpengaruh terhadap pengendalian Argulus japonicus pada ikan mas komet, dengan lama waktu perendaman perasan optimal selama 30 menit pada konsentrasi2,5% dari volume air. Disarankan untuk dilakukanpenelitian lain mengenai efektifitas perasan buah mengkudu untuk pengendalian parasit ikan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PK.BP.56/17 Her p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
NOOR HAFIDZ HERWANTO, 0607103313PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Aug 2017 22:47
Last Modified: 03 Aug 2017 23:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item