INTERFEROMETER SAGNACSEBAGAI KANDIDAT UNTUK MENENTUKAN INDEKS BIAS ALKOHOL

NURUL KHUSNIA, 081211333015 (2017) INTERFEROMETER SAGNACSEBAGAI KANDIDAT UNTUK MENENTUKAN INDEKS BIAS ALKOHOL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPF. 22.17 Khu i.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT MPF. 22.17 Khu i.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Interferometer Sagnac merupakan salah satu piranti interferometer yang memiliki kemampuan deteksi ketelitian yang tinggi dibandingkan interferometer lain. Pembentukan Interferensi pada interferometer Sagnac ditimbulkan oleh adanya efek sagnac yaitu dua berkas cahaya yang saling bersuperposisi dalam satu lintasan optis yang bergerak berlawanan arah (searah jarum jam (sjj) dan berlawanan jarum jam (bjj) pada lintasan optik tertutup, sehingga kedua berkas membentuk lintasan optis memutar . Ketika salah satu lintasanoptik diberi gangguan pada sumbu normal, akan terjadi perbedaan waktu tempuh antara kedua berkas cahaya yang bergerak berlawanan yang menghasilkan beda fasa gelombang. Beda fasa tersebut sebanding terhadap besaran fisis yang yang terdapat pada gangguan tersebut. Pada eksperimen ini gangguan yang diberikan berupa sebuah larutan optis yaitu etanol dan metanol yang dapat mempolarisasikan gelombang elektromagnet, untuk ditentukan nilai indeks bias larutan tersebut. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan menunjukkan bahwa rangkaian interferometer sagnac yang dirancang belum sepenuhnya dapat dijadikan metode alternatif untuk menentukan indeks bias alkohol, namun dari hasil eksperimen menunjukkan kemampuan alat hanya untuk mendeteksi perubahan indeks bias antara dua medium, oleh karena itu masih diperlukan perangkat penunjang lain dan kajian teoritis yang lebih mendalam, agar dapat dijadikan metode alternatif untuk menentukan indeks bias suatu bahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 22/17 Khu i
Uncontrolled Keywords: Efek Sagnac, Etanol, Indeks bias, Interferometer, Metanol
Subjects: Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Q Science > QC Physics > QC793-793.5 Elementary particle physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
NURUL KHUSNIA, 081211333015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Yasin, Dr., S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Aug 2017 18:05
Last Modified: 06 Aug 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item