KARAKTERISTIK FISIK SECARA SOMATOSKOPI DAN ADAPTASI BUDAYA PADA POPULASI MASYARAKAT TENGGER DI DESA ARGOSARI, KECAMATAN SENDURO, KABUPATEN LUMAJANG

VALENTINUS DEESHANDIO PAMEDAR JATI, 071311733055 (2017) KARAKTERISTIK FISIK SECARA SOMATOSKOPI DAN ADAPTASI BUDAYA PADA POPULASI MASYARAKAT TENGGER DI DESA ARGOSARI, KECAMATAN SENDURO, KABUPATEN LUMAJANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN Fis. ANT 02-17 Jat k.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 02-17 Jat k.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Fis. ANT 02-17 Jat k.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik fisik masyarakat Tengger di Desa Argosari berdasarkan metode somatoskopi. Penelitian ini juga membahas mengenai adaptasi budaya yang dimiliki oleh masyarakat tersebut, guna mendapatkan gambaran adaptasi secara lengkap. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan memaparkan presentase berbagai variasi temuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang, yang terdiri dari 57 responden laki-laki dan 43 responden perempuan. Teknik pemilihan responden adalah purposive sampling dengan kriteria pemilihan responden berada pada rentang usia 20-40 tahun. Instrumen utama penelitian ini adalah lembar pengamatan somatoskopi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menghasilkan temuan warna kulit berada rentang 21-26 Skala Luschan. Sebanyak 100% responden memiliki warna iris mata pada kategori skala 2-3 coklat tua dan juga menunjukkan bahwa mereka memiliki distribusi pigmen pada mata yang berbentuk radial. Sebesar 71% responden berada pada kategori letaknya celahnya mata yang sifatnya miring ke atas. Besarnya celah mata menunjukkan bahwa 92% responden berada pada kategori sedang. Bentuk celah mata dengan presentase tertinggi berada pada kategori IA dengan jumlah sebanyak 51%. Sebanyak 53% responden tidak memiliki epicantus. Bentuk punggung hidung dari arah depan atau en face menghasilkan 100% responden berada pada kategori en face yang lebar. Sebanyak 45% dalamnya pangkal hidung berada pada skala kode ke 3. Sebanyak 34% responden berada pada kategori bentuk punggung hidung dari samping yang lurus dan ujungnya naik. Sebanyak 72% responden berada pada kategori ujung hidung yang naik dan sebanyak 64% responden berada pada bentuk lubang hidung yang sifatnya oval dan miring. Temuan mengenai bentuk rambut menunjukkan bahwa 52% responden berada pada kategori rambut berombak dangkal. Temuan bentuk bibir menunjukkan bahwa 71% responden berada pada kategori bentuk bibir yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 02-17 Jat k
Uncontrolled Keywords: Somatoskopi, Variasi Biologis Manusia, Adaptasi Budaya, Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
VALENTINUS DEESHANDIO PAMEDAR JATI, 071311733055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr.Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 19:30
Last Modified: 06 Aug 2017 19:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item