SPA JAWA TIRTA AYU SPA (STUDI DESKRIPTIF LAYANAN SPA JAWA DI TIRTA AYU SPA, KECAMATAN BOJONEGORO, KABUPATEN BOJONEGORO – JAWA TIMUR)

MEGA ABDILLAH M.S, 071211732017 (2017) SPA JAWA TIRTA AYU SPA (STUDI DESKRIPTIF LAYANAN SPA JAWA DI TIRTA AYU SPA, KECAMATAN BOJONEGORO, KABUPATEN BOJONEGORO – JAWA TIMUR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT fis. ANT 10-17 Meg s.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budaya dalam perawatan kecantikan dan kesehatan sudah dikenal sejak Ratu Shima pada abad VII sehingga menjadi peninggalan budaya yang diwariskan. Perawatan yang dilakukan permaisuri dengan cara berendam atau mandi dengan media air dan terapi pijat serta aroma menggunakan rempah-rempah yang sudah dihaluskan dan diramu khusus. Salah satu Spa yang menyediakan pelayanan Tradisional Jawa adalah Tirta Ayu Spa di Bojonegoro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan layanan Spa Jawa untuk mengetahui beragam layanan Spa Jawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi pada subyek penelitian. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara, sumber tertulis. Tahap selanjutnya dianalisis dengan teori kesehatan dari Foster dan Anderson memperoleh temuan data bahwa pelayanan Spa Jawa mempunyai makna dan nilai dalam setiap perawatan. Kecantikan yang terpancar dari wanita Jawa juga mencakup Inner Energy dan Inner Aura yang tampak secara keseluruhan dalam kemampuan berkarya dan juga kepribadian baik mencakup perawatan jiwa, raga serta jasmani dan rohani yang semuanya harus seimbang agar mencapai kecantikan menyeluruh yang dikenal dengan Ngadi Saliro. Perawatan Spa ini melibatkan berbagai pihak, yaitu manager Spa, Terapis Spa, Mentor training center, Customer service, serta pelanggan. Pihak-pihak tersebut menjalankan perannya sehingga menguntungkan bagi pengusaha Spa dan pemerintah, Tradisional Spa juga salah satu bentuk untuk pelestarian budaya Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 10/17 Meg s
Uncontrolled Keywords: Layanan, Nilai, Filosofi Spa, Proses dan Bahan Rempah, Aktor yang berperan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MEGA ABDILLAH M.S, 071211732017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPinky Saptandari, Dr., Dra., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 20:25
Last Modified: 06 Aug 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item