PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN OMEGA -3 (EPA dan DHA ) di DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii)

ELLAVIDA ANINDYA, 141211133058 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN OMEGA -3 (EPA dan DHA ) di DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 62- 17 Ani p-Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 62- 17 Ani p-min.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang galah (Macrobrachium rosenbergii)merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai perdagangan ekonomi yang memiliki prospek. Permintaan pasar dalam negeri dan pasar luar negeri terhadap udang galah cukup tinggi menjadikan Indonesia sebagai pengirim udang galah di dunia.Asam lemak (omega-3) adalah asam lemak karboksilat yang posisi ikatan rangkap pertamanya terletak pada atom karbon nomor tiga dari ujung gugus metilnya. asam lemak omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat penting untuk kesehatan udang. Termasuk derivat asam lemak omega-3 salah satunya eicosapentaenoic acid (EPA)dan ekosaheksaenoic acid (DHA) termasuk dalam kelompok asam lemak esensial. Omega-3 merupakan Asam Lemak Tak Jenuh Jamak (Poly Unsaturated Fatty Acid / PUFA) .Asam Lemak tak jenuh jamak (Poly Unsaturated Fatty Acid / PUFA) adalah asam lemak yang mengandung dua atau lebih ikatan rangkap. Sumber asupan asam lemak omega-3 dapat dihasilkan salah satunya dengan penambahan minyak hati ikan kod. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Cod Liver Oil pada pakan komersial terhadap kandungan eicosapentaenoic acid (EPA)dan Dekosaheksaenoic acid (DHA)pada daging udang galah (Macrobrachium rosenbergii ). Metode penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan perlakuan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan perbedaan dosis cod liver oil(CLO) yang berbeda yaitu menggunakan P0 sebagai kontrol dengan dosis CLO 0%,P1 dosis CLO 3%,P2 dosis CLO 6%, P3 dosis CLO 9%,P4 dosis CLO 12%. Kemudian dilakukan ulangan 4 kali. Parameter utama dalam penelitian ini kandungan EPA dan DHA pada daging udang galah.Parameter pendukung dalam penelitian ini yaitu pengamatan kualitas air. Analisa data penelitian diolah menggunakan analysis of varian (ANOVA). Apabila didapatkan hasil adanya pengaruh yang nyata atau signifikan maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan mutiple range test). Hasil penelitian ini menggunakan cod liver oilterhadap kandungan DHA tidak berbeda nyata (P>0,05). sedangkan untuk kandungan EPA berbeda nyata (P<0,05). Untuk dosis terbaik pada kandungan EPA pada perlakuan P2 dengan dosis cod liver oil 6% yaitu 4,69% sedangkan untuk DHA didapatkan hasil terbaik pada perlakuan P2 dosis cod liver oil 6% yaitu 2,47%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 62-17 Ani p
Uncontrolled Keywords: Cod Liver Oil; Omega-3 (EPA and DHA); Galah Shrimp meat (Macrobrachiumrosenbergii)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ELLAVIDA ANINDYA, 141211133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Aug 2017 20:57
Last Modified: 06 Aug 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item