PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHANAN DENGAN ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

MUTHI’AH AMATILLAH, 111211131027 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHANAN DENGAN ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT) - MUTHI'AH.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap intensi kewirausahaan dengan entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediator pada mahasiswa Universitas Airlangga. Definisi intensi kewirausahaan dalam penelitian ini berdasar pada penjelasan Linan, dkk. (2008). Kecerdasan emosional menggunakan teori Petrides (2009). Sedangkan entrepreneurial self-efficacy menggunakan teori yang dikembangkan oleh De Noble, dkk. (1999). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Airlangga dengan jumlah subjek sebanyak 392orang. Data diperoleh menggunakan metode survei dengan menggunakan skala entrepreneurial intention quetionnaire (Linan dkk., 2008) yang terdiri dari 20 aitem, skala Trait Emotional Questionnaire Short-Form (TEIQue-SF) (Petrides, 2009) yang terdiri dari 30 aitem dan kuesioner entrepreneurial self-efficacy (De Noble, dkk., 1999) yang terdiri dari 23 aitem. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear sederhana dan berganda dengan berdasar pada teknik analisis uji mediasi Baron dan Kenny (1986). Hasil analisis diketahui bahwa entrepreneurial self-efficacy memediasi secara parsial pengaruh kecerdasan emosional terhadap intensi kewirausahaan pada mahasiswa Universitas Airlangga. Kecerdasan emosional diketahui memiliki pengaruh langsung yang kecil sebesar 8% (β=0,29, p<0,05) terhadap intensi kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 53/17 Ama p
Uncontrolled Keywords: intensi kewirausahaan, kecerdasan emosional, entrepreneurial selfefficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MUTHI’AH AMATILLAH, 111211131027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFajrianthi, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2017 20:53
Last Modified: 06 Aug 2017 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item