SEGMENTASI CITRA PNEUMONIA DARI CITRA CT SCAN DENGAN METODE ACTIVE CONTOUR

FITRIYANI MUS MULYADI, 081211331145 (2017) SEGMENTASI CITRA PNEUMONIA DARI CITRA CT SCAN DENGAN METODE ACTIVE CONTOUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPF. 33.17 Mul s.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT MPF. 33.17 Mul s.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai segmentasi citra peumonia dengan menggunakan metode active contour. Penelitian ini bertujuan untuk mensegmentasi pola konsolidasi pada citra CT Scan lobar pneumonia. Bahan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 35 citra dari tujuh pasien CT Scan lobar pneumonia yang memiliki pola konsolidasi di Departemen Radiologi RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu melakukan segmentasi pada bagian paru kemudian melakukan segmentasi terhadap jaringan didalam paru. Segmentasi paru dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari matematika morfologi sedangkan segmentasi pola konsolidasi menggunakan metode active contour chan-vese. Nilai koefesien λ1, λ2, dan iterasi berturut-turut adalah 1,1 dan 20. Hasil dari penelitian ini adalah persentasi kesesuaian segmentasi citra adalah sekitar 90% dari total 30 citra yang diujikan dengan laju eror 0,1 dan rata-rata nilai balanced accuracy adalah 0,73 dari total 6 citra yang diujikan dengan laju eror sebesar 0,27. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah metode active contour chan-vese dapat mensegmentasi pola konsolidasi dengan baik namun tingkat keakurasian segmentasi masih rendah jika dibandingkan dengan segmentasi manual. Laju eror yang cukup tinggi yaitu 27% disebabkan oleh metode tersebut sangat sensitif terhadap perbedaan intensitas jika dibandingkan dengan mata normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 33/17 Mul s
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Pneumonia, Lobar Pneumonia, Konsolidasi, Active Contour
Subjects: Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
FITRIYANI MUS MULYADI, 081211331145UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiries Rulaningtyas, Dr., MT.UNSPECIFIED
Thesis advisorFranky Chandra Satria A., ST., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Aug 2017 21:38
Last Modified: 06 Aug 2017 21:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item