PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK BAHTERA KABUPATEN MOJOKERTO

ASY NURIDA ROHMATI’A, 111314153008 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK BAHTERA KABUPATEN MOJOKERTO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis_ASY NURIDA ROHMATI’A_111314153008.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemandirian anak TK Bahtera Mojokerto dengan model pembelajaran kolaboratif menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Peningkatan kemandirian dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 19 anak kelas TK B-3 Bahtera. Beberapa alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi yang disusun oleh peneliti yang berlandaskan dari teori yang dikemukakan oleh Rutherford (2009). Data dianalisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa: (1) hasil observasi perilaku kemandirian pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan terhadap perilaku mandiri anak; (2) Perubahan aspek kemandirian setiap anak berbeda-beda terganting pada tingkat kemandirian anak sebelum penelitian, jenis kelamin, keluarga, budaya, dan lingkungan; (3) Pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan semua indikator kemandirian; (4) Keberhasilan penerapan pembelajaran kolaboratif dipengaruhi oleh keterlibatan guru dan anak selama proses penelitian. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran ini secara berkala dan lebih intens dengan menyesuaikan materi pembelajaran. Bagi sekolah, dapat melakukan pelatihan singkat untuk para guru agar lebih memahami peran guru dalam pembelajaran kolaboratif. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan metode pengumpulan data yang lebih komprehensif agar perilaku kemandirian dapat diungkap lebih lengkap, serta dapat melanjutkan penelitian tindakan ini dengan menggunakan hasil penelitian sebagai pedoman penyusunan siklus selanjutnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 01/17 Roh p
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Model Pembelajaran Kolaboratif, Anak Prasekolah, TK Bahtera
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASY NURIDA ROHMATI’A, 111314153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRudi Cahyono, M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2017 22:39
Last Modified: 06 Aug 2017 22:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item