PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN MEDIA KARTU LINIMASA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SEJARAH MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 35 SURABAYA

Laksmi Puspitowardhani, 111314253012 (2017) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN MEDIA KARTU LINIMASA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SEJARAH MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 35 SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Laksmi_111314253012.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu materi IPS yang diberikan di sekolah dasar adalah materi sejarah yang berisi tentang fakta peristiwa, tahun-tahun kejadian dan tokoh-tokoh sejarah. Prestasi belajar siswa pada materi ini cenderung rendah karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan kesulitan untuk menghafalkan materi yang sangat banyak. Materi sejarah yang termasuk informasi semantik membutuhkan strategi yang tepat agar materi tersebut bisa diingat dengan baik oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media kartu permainan Linimasa untuk meningkatkan prestasi belajar materi sejarah siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan metode eksperimen kuasi dengan melibatkan 50 siswa sekolah dasar kelas V. Berdasarkan hasil uji statistik parametrik t-test paired diketahui bahwa penggunaan kartu permainan Linimasa efektif meningkatkan prestasi belajar materi sejarah siswa. Metode ini lebih efektif bila dibandingkan dengan metode konvensional ceramah dan diskusi yang diberikan di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 03/17 Pus p
Uncontrolled Keywords: Materi sejarah, metode permainan kartu (card game), prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Laksmi Puspitowardhani, 111314253012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, M.Psi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2017 23:39
Last Modified: 06 Aug 2017 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item