ANALISIS BAKTERI ENTERIK DAN JUMLAH BAKTERI TERHADAP KUALITAS UDARA INDOOR DI BEBERAPA RUANGAN DEPARTEMEN BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

SYARIFUDIN ROSYAD, 081211432008 (2017) ANALISIS BAKTERI ENTERIK DAN JUMLAH BAKTERI TERHADAP KUALITAS UDARA INDOOR DI BEBERAPA RUANGAN DEPARTEMEN BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 12-17 Ros a.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa aktivitas bakteri enterik (khususnya Escherichia coli dan Salmonella sp.) dan menghitung jumlah bakteri terhadap kualitas udara indoor di beberapa ruangan. Metode yang digunakan untuk menangkap bakteri di udara yaitu metode semi konvensional, menggunakan vacuum cleaner yang diberi kasa filter di dalamnya untuk menangkap bakteri yang terhisap ke dalam vacuum cleaner tersebut. Sampel ditanam pada media EMBA, SSA, dan NA. Hasil isolasi menunjukkan adanya pertumbuhan bakteri Escherichia coli pada media EMBA yang berasal dari sampel ruang laboratorium mikrobiologi, dengan morfologi koloni berbentuk bulat, tepi rata, cembung, dan warna koloninya hijau metalik. Hasil pengamatan mikroskopis menunjukkan sel bakteri tersebut berbentuk batang pendek, termasuk gram negatif, hasil uji positif terhadap uji TSIA, motilitas, indol, dan MR, dan negatif pada uji VP dan sitrat. Hasil penghitungan TPC bakteri udara terbanyak ditemukan pada sampel yang diambil dari ruang kuliah 312 yaitu 3,015x104 pada volume ruangan tersebut atau 38 CFU/m3, nilai ini jauh di bawah nilai maksimal angka kuman di dalam ruangan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa sebagian besar ruangan yang diteliti memiliki kualitas udara yang bersih dan terhindar dari pencemaran biologis, kecuali pada ruang laboratorium mikrobiologi karena ditemukan adanya bakteri patogen Escherichia coli yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 12-17 Ros a
Uncontrolled Keywords: Bakteri enterik, kualitas udara, TPC bakteri.
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
SYARIFUDIN ROSYAD, 081211432008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgus Supriyanto, Drs. , M. Kes.UNSPECIFIED
ContributorSucipto Hariyanto, Dr. , DEAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2017 19:29
Last Modified: 07 Aug 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item