PELATIHAN PARENTING DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI SURABAYA

DIYANA ROCHMAWATI, 111414153038 (2017) PELATIHAN PARENTING DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MELAKUKAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (full text)
DIYANA ROCHMAWATI.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kompetensi pengasuhan orangtua dalam melakukan pendampingan penggunaan gadget pada anak usia prasekolah yang telah memperoleh intervensi pelatihan Parenting di Era Digital di KB/TK IT Wildani II Surabaya. Penelitian ini lebih difokuskan kepada orangtua karena pada anak usia prasekolah, peran orangtua dalam melakukan pengasuhan pendampingan penggunaan gadget masih yang utama. Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang wali murid (orangtua) di KB/TKIT Wildani II Surabaya. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berhubungan dengan evaluasi kompetensi pengasuhan dalam melakukan pendampingan penggunaan gadget pada anak usia prasekolah yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan perilaku (skill) untuk peserta pelatihan “Parenting di Era Digital” dalam hal ini orangtua. Validitas alat ukur ini adalah validitas isi dengan reliabilitas untuk alat ukur aspek pengetahuan 0,703, sedangkan reliabilitas untuk alat ukur aspek perilaku (Interater) adalah 0,67 & 0,704. Data dianalisa dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test Hasil analisa data terhadap skor subjek untuk aspek pengetahuan diperoleh nilai p sign sebesar 0,034, dengan taraf signifikansi < 0,05. Analisa data terhadap skor subjek untuk aspek perilaku diperoleh nilai p sign sebesar 0,002 dengan taraf signifikansi < 0,05. Sedangkan pada aspek sikap diperoleh nilai p sign sebesar 0,003 dengan taraf signifikansi < 0,05. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan kompetensi pengasuhan pendampingan penggunaan gadget pada anak usia prasekolah orang tua sebelum mengikuti pelatihan Parenting di Era Digital dengan sesudahnya di KB/TKIT Wildani II Surabaya. Dari perbedaan mean disebutkan bahwa setelah memperoleh intervensi pelatihan Parenting di Era Digital aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kompetensi pengasuhan pendampingan penggunaan gadget meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 11/17 Roc p
Uncontrolled Keywords: orangtua, parenting, kompetensi pengasuhan, pendampingan penggunaan gadget
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DIYANA ROCHMAWATI, 111414153038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2017 22:22
Last Modified: 07 Aug 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60015
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item