PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA MAKASSAR

RIA SAKINAH WAJI, 111414253008 (2017) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS - RIA SAKINAH WAJI - 111414253008.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying. Pemberitaan atau materi yang diterbitkan di internet dapat dengan mudah menimbulkan individu untuk berperilaku cyberbullying. Faktor yang dapat memengaruhi perilaku cyberbullying yaitu kompetensi sosial dan regulasi emosi, dimana kompetensi sosial dan regulasi emosi berperan penting dalamnya. Remaja dengan kompetensi sosial yang rendah akan sulit untuk menciptakan dan memelihara interaksi sosial yang positif dengan orang lain, sehingga dapat berujung pada munculnya perilaku cyberbullying. Remaja dengan regulasi emosi yang rendah akan memiliki motivasi untuk melakukan perilaku cyberbullying karena adanya afek negatif, terutama kemarahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 379 remaja di Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, yaitu Skala Perilaku Cyberbullying dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Hinduja dan Patchin (2015) terdiri dari 22 aitem dengan reliabilitas 0,857, Skala Kompetensi Sosial milik Sahupala (2014) berdasarkan teori Cartledge dan Milburn (1995) terdiri dari 29 aitem dengan reliabilitas 0,861 dan Skala Regulasi Emosi milik Mawardah dan Adiyanti (2014) berdasarkan teori Thompson (Fox, 1994) terdiri dari 22 aitem dengan reliabilitas 0,883. Data penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil analisis data diperoleh nilai F sebesar 96,424 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh kompetensi sosial dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying. Nilai R Square = 0,339, sehingga pengaruh secara simultan kompetensi sosial dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying adalah sebesar 33,9%, sedangkan sisanya sebesar 66,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam analisis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 16/17 Was p
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial, regulasi emosi, perilaku cyberbullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
RIA SAKINAH WAJI, 111414253008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerdina Indrijati, M.PSi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2017 23:02
Last Modified: 07 Aug 2017 23:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item