PENGARUH DERAJAT INFESTASI Argulus TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI ORGAN INSANG, SIRIP, DAN KULIT IKAN KOI (Cyprinus carpio) (STUDI KASUS DI KECAMATAN MUNGKID DAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH

ALDINO GIANCARLO, 141211133059 (2017) PENGARUH DERAJAT INFESTASI Argulus TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI ORGAN INSANG, SIRIP, DAN KULIT IKAN KOI (Cyprinus carpio) (STUDI KASUS DI KECAMATAN MUNGKID DAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.82-17 Gia p ABSTRACT.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.82-17 Gia p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Argulus merupakan ektoparasit penyerang utama (primary infection) yang menempel di insang, sirip, dan kulit ikan yang dapat menyebabkan kerusakan. Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tergolong dalam familia Cyprinidae yang sering terserang Argulus. Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan komoditas ikan hias air tawar yang dibudidayakan di Kecamatan Mungkid dan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat infestasi Argulus pada ikan koi (Cyprinus carpio) di Kecamatan Mungkid dan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, serta pengaruh infestasi Argulus terhadap gambaran histopatologi organ insang, sirip, dan kulit ikan koi (Cyprinus carpio). Metode penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov 1 sample untuk mengetahui derajat infestasi Argulus. Untuk mengetahui tingkat kerusakan tertinggi yang terjadi pada organ insang, sirip, dan kulit ikan koi (Cyprinus carpio) yang terinfestasi Argulus dianalisis menggunakan kruskal lwallis. Hasil gambaran histopatologi organ insang, sirip, dan kulit ikan koi (Cyprinus carpio) yang terinfestasi Argulus dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat infestasi Argulus pada ikan koi (Cyprinus carpio) di Kecamatan Mungkid dan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tergolong infestasi ringan (48,89%) dan infestasi sedang (2,22%). Secara histopatologi, infestasi Argulus pada ikan koi (Cyprinus carpio) menyebabkan perubahan di sirip pectoral berupa kongesti, balloning degeneration, dan erosi pada epithelium, perubahan di sirip caudal berupa infiltrasi sel radang dan erosi pada epithelium, dan perubahan di kulit berupa hemoragi. Diharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh derajat infestasi Argulus di wilayah Kabupaten Magelang dan sekitarnya, serta kemungkinan terjadi infeksi sekunder yang ditimbulkan akibat infestasi Argulus pada ikan koi (Cyprinus carpio).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.82/17 Gia p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ALDINO GIANCARLO, 141211133059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 Aug 2017 22:23
Last Modified: 09 Aug 2017 00:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item