POTENSI PENGGUNAAN CANGKANG KERANG SEBAGAI FILTER DALAM PROSES DEPURASI TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata)

MA’RIFATUL NIKMAH, 141111062 (2017) POTENSI PENGGUNAAN CANGKANG KERANG SEBAGAI FILTER DALAM PROSES DEPURASI TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.83-17 Nik p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.83-17 Nik p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang bulu adalah salah satu jenis kerang yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. kerang merupakan biota yang potensial terkontaminasi logam berat, karena sifatnya yang filter feeder, sehingga biota ini sering digunakan sebagai hewan uji dalam pemantauan tingkat akumulasi logam berat pada organisme laut. Kerang bulu memiliki beberapa kegunaan, salah satunya adalah diolah sebagai makanan, sehingga cangkang kerang bulu yang merupakan bahan sisa produksi makanan dapat menimbulkan limbah yang cukup banyak. Cangkang kerang sebagai sumber kalsium, tergolong kedalam limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan cangkang kerang bulu sebagai filter berpengaruh dalam proses depurasi terhadap kandungan logam berat kadmium (Cd) pada kerang bulu (Anadara antiquata). Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah filter serbuk cangkang kerang, yaitu P0 (kotrol 0%), P1 (serbuk cangkang kerang 25%), P2 (serbuk cangkang kerang 50%), P3 (serbuk cangkang kerang 75%), dan P4 (serbuk cangkang kerang 100%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandungan kadmium daging kerang bulu. Parameter penunjang yang diamati adalah parameter kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian pemberian serbuk cangkang kerang sebagia filter menunjukkan bahwa perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kandungan kandungan kadmium daging kerang bulu. Penurunan kadmium terendah didapatkan dari perlakuan P0 (kotrol) yang berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Penurunan kadmium tertiggi didapatkan dari perlakuan P3 (serbuk cangkang kerang 75%) yang berbeda nyata dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.83/17 Nik p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MA’RIFATUL NIKMAH, 141111062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:10
Last Modified: 09 Aug 2017 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item