PENGUKURAN KINERJA NON FINANSIAL DENGAN QUALITY ORIENTED MEASUREMENT UNTUK MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT BERSALIN LOMBOK DUA-DUA SURABAYA

Nadia Dahdah, 040438796 (2007) PENGUKURAN KINERJA NON FINANSIAL DENGAN QUALITY ORIENTED MEASUREMENT UNTUK MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT BERSALIN LOMBOK DUA-DUA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dahdahnadi-7576-a28707-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-dahdahnadi-7576-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran Kinerja Non Finansial yang dilakukan pada Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua-Dua Surabaya merupakan salah satu jenis pengukuran kinerja yang akan menyajikan beberapa indikator, sehingga dengan indikator-indikator tersebut akan memberikan analisa yang akuratif dalam mengukur kinerja Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua-Dua Surabaya pada tahun berjalan dan memprediksi kinerja tahun mendatang agar lebih efektif dan efisien. Indikator pengukuran kinerja yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia adalah BOR (Bed Occupancy Rate), TOI (Turn Over Interval), BTO (Bed Turn Over), ALOS (Average Length Of Stay), GDR (Gross Death Rate), dan NDR (Net Death Rate) diklasifikasikan sesuai dengan dimensi pengukuran kinerja non finansial. Pengklasifikasian tersebut akan memudahkan dalam menilai dan menganalisa sesuai dengan kebutuhan persaingan yang semakin tajam, yaitu dimensi efisiensi (BOR, TOI, BTO) dan dimensi kualitas (GDR, NDR) serta dimensi waktu (ALOS). Dalam skripsi ini juga disajikan penilaian kinerja dengan Diagram Barber Johnson yang merupakan suatu penilaian dengan menggambarkan posisi Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua-Dua Surabaya dalam suatu diagram yang dibandingkan dengan daerah efisiensi yang distandarkan oleh Diagram Barber Johnson. Dalam diagram tersebut menyajikan BOR, TOI dan ALOS secara sekaligus untuk menilai kinerja Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua-Dua, sehingga memiliki keunggulan informasi yang disajikan lebih cepat dan akurat serta skala perbandingan yang bias dibandingkan dengan rumah sakit lain yang sejenis. Indikator-indikator yang disajikan diatas merupakan indikator yang memfokuskan pada pelanggan sehingga implikasinya searah dengan kepuasan pelanggan, yaitu jika indikator-indikator tersebut diatas baik maka dapat disimpulkan kepuasan pelanggan juga baik dan sebaliknya jika indikator-indikator tersebut kurang maka kepuasan pelanggan juga kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 287/07 Dah p (full text tidak lengkap)
Uncontrolled Keywords: BOR, BTO, TOI, GDR, NDR dan ALOS.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Nadia Dahdah, 040438796UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Hamidah, Dra., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 24 Sep 2008 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 14:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item