PENGARUH JENIS FORMULA DENGAN VARIASI DOSIS PROBIOTIK PADA BERAT KARKAS DAN KANDUNGAN LEMAK AYAM BROILER (Gallus gallus domesticus)

AIDA FAUZIA, 081311433061 (2017) PENGARUH JENIS FORMULA DENGAN VARIASI DOSIS PROBIOTIK PADA BERAT KARKAS DAN KANDUNGAN LEMAK AYAM BROILER (Gallus gallus domesticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 29-17 Fau p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis formula probiotik terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler, untuk mengetahui pengaruh variasi dosis probiotik terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler, untuk mengetahui pengaruh interaksi jenis formula probiotik dan variasi dosis terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler Penelitian ini menggunakan 40 ekor ayam broiler (Gallus gallus domesticus) berumur 0 hari dengan berat 37 g. Hewan coba dibagi menjadi 9 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol, kelompok perlakuan F1-1%, kelompok perlakuan F1-2%, kelompok perlakuan F1-3%, kelompok perlakuan F1-4%, kelompok perlakuan F2-1%, kelompok perlakuan F2-2%, kelompok perlakuan F2-3%, dan kelompok perlakuan F2-4%. Masing-masing kelompok diberi perlakuan probiotik dengan formula dan dosis yang sudah ditentukan selama 28 hari. Pengukuran berat karkas dilakukan dengan cara menimbang karkas yang sudah dipotong bagian kepala, leher dan kaki bagian metatarsus, dibersihkan darah dan bulu serta diambil organ dalamnya. Penimbangan tersebut dilakukan dengan menggunakan timbangan digital ketelitian 1 g. Data hasil penimbangan tersebut merupakan data berat karkas. Untuk mencari persentase berat karkas, data berat karkas dibagi dengan berat hidup ayam lalu dikali 100%. Pengukuran kandungan lemak dilakukan dengan cara menimbang lemak abdomen yaitu lemak disekitar kantong empedu, lambung, rongga perut dan cloaca. Penimbangan tersebut dilakukan dengan menggunakan timbangan digital ketelitian 1 g. Data hasil penimbangan tersebut merupakan data kandungan lemak. Untuk mencari persentase kandungan lemak, data kandungan lemak dibagi dengan berat hidup ayam lalu dikali 100%. Data rerata berat karkas dan kandungan lemak diuji statistik menggunakan uji Anova dua arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian jenis formula berpengaruh signifikan terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler. Variasi dosis berpengaruh signifikan terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler. Interaksi antara jenis formula probiotik dan variasi dosis berpengaruh terhadap berat karkas dan kandungan lemak ayam broiler namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 29-17 Fau p
Uncontrolled Keywords: Probiotik, Berat karkas, Kandungan lemak, Formula, Variasi dosis
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
AIDA FAUZIA, 081311433061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgus Supriyanto, Drs. , M.KesUNSPECIFIED
ContributorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Aug 2017 22:22
Last Modified: 09 Aug 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item