PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

AZALEA WIBISONO, 041311333177 (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 76-17 Wib p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan zaman menuntut perusahaan untuk terus berkembang dan mempersiapkan diri terhadap persaingan yang sedang terjadi. Ketidaksiapan perusahaan dalam menghadapi persaingan dapat menyebabkan permasalahan salah satunya adalah permasalahan keuangan atau financial distress. Financial distress dapat dicegah dengan adanya tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) yang baik. Salah satu komponen Good Corporate Governance adalah komite audit. Komite audit dengan karakteristik-karakteristik yang dimilikinya dapat membantu perusahaan dalam menghadapi permasalahanpermasalahannya, salah satunya financial distress. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Terdapat 3 jenis variabel penelitian, yaitu karakteristik komite audit yang diukur menggunakan ukuran komite audit, kompetensi komite audit, dan frekuensi rapat komite audit sebagai variabel independen, financial distress yang diukur menggunakan G-Score sebagai variabel dependen, dan umur perusahaan sebagai variabel kontrol. Total sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling, yaitu sebanyak 98 data perusahaan pertambangan untuk tahun 2013-2015. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber datanya berasal dari laporan keuangan tahunan auditan dan dari laporan tahunan perusahaan yang didapat dari website BEI, serta prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan prosedur studi dokumentasi. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik dengan tingkat signifikansi 1% (0,01), 5% (0,05) dan 10% (0,1). Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah yang pertama ukuran komite audit, kompetensi komite audit, dan frekuensi rapat komite audit berpengaruh secara simultan terhadap financial distress. Kedua, ukuran komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress, sedangkan kedua variabel lainnya berpengaruh namun tidak signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 76-17 Wib p
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Komite Audit, Tata Kelola Perusahaan, Financial Distress.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
AZALEA WIBISONO, 041311333177UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIswajuni, Dra. M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Aug 2017 22:47
Last Modified: 09 Aug 2017 22:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item