PENGARUH DAYA TARIK FISIK ENDORSER WANITA TERHADAP SIKAP PADA IKLAN DAN SIKAP PADA MEREK DIMODERASI OLEH JENIS GENDER PRODUK (STUDI PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN IKLAN ARTIFISIAL)

Dicky Advia Rahim, 040317875 (2009) PENGARUH DAYA TARIK FISIK ENDORSER WANITA TERHADAP SIKAP PADA IKLAN DAN SIKAP PADA MEREK DIMODERASI OLEH JENIS GENDER PRODUK (STUDI PENELITIAN EKSPERIMEN DENGAN IKLAN ARTIFISIAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahimdicky-14794-abstrak-p.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahimdicky-12353-kkbkk-2-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh daya tarik fisik endorser wanita terhadap sikap pada iklan dan merek dimoderasi oleh jenis gender produk. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berupa randomized block factorial design 2 x 2. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik fisik endorser sebagai variabel bebas (E), jenis gender produk sebagai variabel moderasi (P), jenis kelamin subyek sebagai variabel bloking (S), dan dua buah variabel tergantung yaitu: sikap pada iklan (Y1) dan sikap pada merek (Y2). Teknik analisis menggunakan Two-Way Analysis of Variance (Two-Way ANOVA) yang diolah menggunakan program SPSS. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung secara signifikan dari daya tarik fisik endorser terhadap sikap pada iklan; F = 252,639; p = 0,00 (p<0,05); dan sikap pada merek; F = 124,613; p = 0,00 (p<0,05). Mean sikap pada iklan adalah 4,4028 untuk endorser yang menarik, sedangkan mean untuk endorser yang tidak menarik adalah 2,5847. Sementara, mean sikap pada merek adalah 4,97915 untuk endorser yang menarik, sedangkan mean untuk endorser yang tidak menarik adalah 1,6292. Dapat dilihat bahwa mean untuk endorser yang menarik lebih tinggi dibandingkan dengan endorser yang tidak menarik pada sikap pada iklan dan sikap pada merek. Sementara itu dari uji ANOVA tidak ditemukan interaksi antara daya tarik fisik endorser wanita dengan jenis gender produk terhadap sikap pada iklan dan sikap pada merek. Hasil ANOVA yang diuraikan, selaras dengan yang dikemukakan oleh Baker dan Churcill (1977), (Kamins, 1990), Till dan Busler (2002), bahwa daya tarik fisik endorser mempengaruhi sikap pada iklan dan sikap pada merek. Dimana sikap pada iklan dan sikap pada merek akan lebih tinggi saat komunikasi dilakukan oleh endorser yang menarik. Sementara tidak ditemukannya interaksi antara daya tarik fisik endorser dengan jenis produk mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Baker dan Churcill (1977), dan Till dan Busler (2002).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 61/10 Rah p
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Dicky Advia Rahim, 040317875UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. Lilik Rudianto, S.E., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 17 Feb 2011 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6024
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item