TERAPI LATIHAN DAN TEKNIK PEMASANGAN KINESIOTAPING PADA CEDERA HAMSTRING FASE 4 DAN 5 UNTUK ATLIT SEPAKBOLA

Anggara Dwi Samudra, 011310213049 (2017) TERAPI LATIHAN DAN TEKNIK PEMASANGAN KINESIOTAPING PADA CEDERA HAMSTRING FASE 4 DAN 5 UNTUK ATLIT SEPAKBOLA. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.FST.01-17 Sam t ABSTRACT.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.FST.01-17 Sam t TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera hamstring adalah cedera pada jaringan otot hamstring karena kerusakan langsung atau tidak langsung akibat teregang melebihi batas normal. Cedera ini sering terjadi pada bagian groin muscles, hamstring, dan otot quadricep. Cedera ini sering terjadi pada atlet dimana salah satu otot paha belakang mengalami robekan atau peregangan akibat trauma dan gerakan mendadak atau gerakan tiba-tiba berhenti. Olahraga dengan intesitas gerakan kombinasi seperti sprint, fleksibilitas, kelincahan, dan kekuatan otot yang besar, sering mengalami cedera ini. Pada cedera hamstring para atlit biasanya mengeluh nyeri yang menyebabkan berkurangnya fleksibilitas dan kekuatan otot hamstring biasanya disertai dengan penurunan daya tahan dalam melakukan suatu aktifitas latihan. Fisioterapi pada cedera hamstring untuk fase 4 dan 5 diperlukan untuk mendukung performa atlit saat kembali bermain seperti sebelum mengalami cedera. Intervensi fisioterapi yang dilakukan pada kasus ini yaitu pemasangan kinesiotaping, gentle stretching, latihan penguatan berupa isometrik, aktif resisted dan nordic hamstring, diberikan juga latihan squat, plyometric, keseimbangan, kelincahan dan daya tahan. Intervensi pemberian kinesiotaping bertujuan untuk memfasilitasi otot hamstring pada saat latihan, serta beberapa macam latihan yang diberikan bertujuan untuk mengurangi nyeri, meningkatkan fleksibilitas otot, meningkatkan kekuatan otot dan meningkatan daya tahan yang dibutuhkan atlit untuk berlatih dan bertanding dalam intensitas tinggi, dengan rentan waktu yang lama.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FV.FST.01/17 Sam t
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsEmail
Anggara Dwi Samudra, 011310213049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI PUTU ALIT PAWANA, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Aug 2017 18:21
Last Modified: 10 Aug 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item