TERAPI SWD UNTUK MENGURANGI NYERI PADA LOW BACK PAIN MEKANIK DI USIA PRODUKTIF

Hasrian, NIM011310213022 (2017) TERAPI SWD UNTUK MENGURANGI NYERI PADA LOW BACK PAIN MEKANIK DI USIA PRODUKTIF. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.FST.03-17 Has t ABSTRACT.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.FST.03-17 Has t TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Low back pain merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. Otot-otot spinal berperan penting dalam stabilitas ekstrinsik untuk menahan beban dengan diskus intervertebralis sebagai titik tumpuan. Nyeri punggung bawah mekanik yang dirasakan oleh sebagian besar pekerja, biasanya mulai dirasakan pada usia 25 tahun, dan meningkat pada usia 50 tahun keatas. Jenis pekerjaan yang berisiko menimbulkan LBP antara lain pekerjaan yang memiliki jam kerja panjang dan mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu yang lama pada posisi duduk tertentu, seperti operator komputer, penjahit, karyawan bank, pengemudi, buru dan kuli bangunan. Penyebab LBP yang paling sering karena mekanik yaitu duduk terlalu lama, sikap duduk yang tidak tepat, postur tubuh yang tidak ideal, aktivitas yang berlebihan serta trauma, Postur tubuh sangat berpengaruh terhadap timbulnya nyeri punggung bawah mekanik (NBP). Aktivitas dengan postur yang salah dapat menyebabkan kekakuan dan spasme yang tiba-tiba pada otot punggung, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya trauma punggung dan menimbulkan nyeri pada lower vertebra. Peran fisioterapi pada LBP untuk mempertahankan serta meningkatkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional, dengan menggunakan modalitas Shortwave Diathermy (SWD) dapat mengurangi nyeri pada low back pain sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas lumbal. SWD merupakan suatu terapi panas dalam dengan teknik aplikasi terapinya menggunakan arus listrik radiofrekuensi tinggi dan mampu menembus jaringan dengan kedalaman 4-5 cm. Federal communications commision (FCC) telah menetapkan 3 frequensi yang digunakan pada Shortwave diathermy yaitu : 27.12 MHz dengan panjang gelombang 11 meter; 13.56 MHz dengan panjang gelombang 22 meter dan 40.68 MHz dengan panjang gelombang 7,5 meter.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FV.FST.03/17 Has t
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Hasrian, NIM011310213022NIM011310213022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRENI HENDRARATI M., dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Aug 2017 22:15
Last Modified: 10 Aug 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item